Cara Mudah Aktifkan Copilot di Laptop atau Komputer Windows 10

Ilustrasi penggunaan Copilot di laptop atau komputer Windows 10 (FOTO: WinPoin)

Indogamers.com - Setelah menghadirkan Copilot secara eksklusif untuk Windows 11, secara mengejutkan Microsoft akhirnya membuat langkah baru dengan mengumumkan kehadiran Copilot untuk sistem operasi Windows 10.

Copilot dari Microsoft ini akan segera hadir di sistem operasi generasi sebelumnya yang masih mendukung lebih dari satu miliar perangkat.

Bagi kamu yang belum tahu, Copilot merupakan antarmuka flyout yang muncul dari sisi kanan saat mengklik tombol “Copilot” di Taskbar.

Baca Juga: Microsoft Jajal Kecanggihan Copilot AI di Game Minecraft

Seperti Bing Chat AI di web dan seluler serta pengalaman AI di Microsoft Edge, chatbot untuk Windows 11 dapat membantu para pengguna untuk menjawab pertanyaan kompleks, dan pengguna dapat meminta penulisan ulang dan ringkasan serta menjelaskan konten tanpa membuka browser.

Selain itu, AI dapat membantu pengguna dalam mengambil tindakan, menyesuaikan pengaturan, dan terhubung dengan lancar ke seluruh aplikasi favorit mereka.

Nah, untuk fitur Copilot yang hadir pada Windows 10 ini memerlukan pendaftaran di Windows Insider Program, memodifikasi registrasi sistem, dan mengutak-atik OS dengan aplikasi pihak ketiga.

Meskipun Windows 10 adalah OS yang matang dan stabil dan pembaruan Release Preview jarang merusak sesuatu, ada baiknya para pengguna untuk lebih baik berjaga-jaga.

Selain itu, pengguna juga disarankan untuk selalu mencadangkan data penting sebelum melakukan eksperimen apapun termasuk menginstal Copilot.

Untuk mengaktifkan Copilot di Windows 10, para pengguna bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  • Unduh dan instal Windows 10 build 19045.3754 atau yang lebih baru.

  • Perbarui Microsoft Edge ke versi terbaru. Buka edge://settings/help dan instal pembaruan yang tersedia.

  • Unduh ViVeTool dari GitHub dan ekstrak arsipnya di folder yang sesuai.

  • Buka Command Prompt sebagai Administrator dan arahkan ke folder dengan file ViVeTool menggunakan perintah CD. Berikut ini contohnya: CD C:Vive.

  • Ketik vivetool /enable /id:46686174,47530616,44755019 dan tekan Enter.

  • Mulai ulang laptop atau komputer yang kamu gunakan.

  • Tekan Win + R dan ketik regedit untuk meluncurkan Windows Registry Editor.

  • Arahkan ke ComputerHKEY_CURRENT_USERSOFTWAREMicrosoftWindowsShellCopilotBingChat dan klik dua kali nilai IsUserEligible.

  • Ubah data nilainya dari 0 menjadi 1. Sebagai catatan, kamu harus masuk ke Windows dengan Akun Microsoft kamu. Jika tidak, nilainya akan diatur ulang dari 1 ke 0 setiap kali sistem dihidupkan ulang.

  • Mulai ulang laptop atau komputer Windows 10 yang kamu gunakan.

  • Klik kanan bilah tugas dan pilih Tampilkan tombol Copilot (pratinjau). Ikon Copilot kemudian akan muncul di sebelah kanan tombol pusat notifikasi. Catatan, kamu tidak akan melihat ikon ini jika bilah tugas berada di sisi kanan atau kiri layar.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan Copilot di laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows 10.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Console

8 Game Konami Terbaik Sepanjang Masa Jumat 13 September 2024, 17:57 WIB