Cara Memperbaiki Notifikasi yang Tidak Berfungsi di iPhone

Ilustarasi notifikasi di iPhone (FOTO: support.apple.com)

Indogamers.com - Notifikasi di iPhone yang tidak berfungsi tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat tidak mengenakan.

Selain bikin tidak nyaman, notifikasi yang tidak berfungsi juga bisa mengganggu rutinitas dan menyebabkan berbagai macam masalah.

Padahal notifikasi di iPhone ini sangatlah penting, karena notifikasi akan memberikan informasi terbaru dan memberikan pembaruan secara real-time bagi para pengguna.

Contohnya, notifikasi pesan masuk, pengingat untuk meeting, peringatan dari aplikasi favorit, atau notifikasi yang memastikan bahwa kamu selalu mengetahui apa yang terjadi saat ini, seperti gempa bumi.

Baca Juga: Cara Modifikasi Tampilan Control Center iPhone di iOS 18

Bagi kamu para pengguna iPhone yang mengalami masalah notifikasinya tidak berfungsi, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki notifikasi yang tidak berfungsi di iPhone.

Seperti apa cara untuk memperbaiki notifikasi tidak berfungsi di iPhone? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Nonaktifkan mode silent iPhone

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki notifikasi yang tidak berfungsi di iPhone adalah nonaktifkan mode silent iPhone.

Sebab, saat mode silent ini aktif, maka pengguna iPhone tidak akan mendengar suara peringatan notifikasi yang masuk.

Akibatnya, pengguna mungkin melewatkan notifikasi yang ada. Terlebih pada beberapa iPhone memang terdapat tombol khusus di bagian samping untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode silent.

Tombol ini bahkan bisa bergeser secara tidak sengaja saat pengguna memasangkan case atau pelindung iPhone yang memiliki bentuk presisi.

2. Nonaktifkan mode focus iPhone

Selain karena mode silent yang aktif, notifikasi iPhone yang tidak berfungsi juga bisa terjadi karena mode focus iPhone diaktifkan.

Saat mode focus ini aktif, maka iPhone secara otomatis akan dibisukan dan semua notifikasinya tidak akan muncul.

Karena itu, saat notifikasi iPhone tidak berfungsi, kamu bisa memeriksa apakah mode focus ini aktif, jika aktif kamu bisa menonaktifkan mode focus ini agar notifikasi iPhone kembali berfungsi.

3. Periksa koneksi internet

Saat pemberitahuan iPhone tidak berfungsi, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet yang kamu gunakan. Sebab, saat ini hampir semua aplikasi yang memunculkan notifikasi harus terhubung dengan internet.

Kamu bisa memeriksa koneksi internet dengan menjalankan beberapa aplikasi seperti Youtube atau mencoba membuka situs web melalui browser.

Jika Youtube mengalami loading yang lama atau situs tidak bisa terbuka, berarti ada masalah pada koneksi internet yang kamu gunakan.

4. Restart iPhone

Jika dengan beberapa cara di atas notifikasi iPhone masih tidak berfungsi, maka kamu bisa merestart iPhone yang kamu gunakan.

Dengan merestart iPhone, maka kamu bisa menghilangkan gangguan yang menyebabkan kegagalan fungsi sementara. Karena iPhone akan disegarkan kembali semua sistemnya.

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi iPhone Tidak Bisa Dinyalakan

Baca Juga: Cara Termudah Update iOS 18 di iPhone Beserta Fitur Kerennya

5. Update iOS

Notifikasi yang tidak berfungsi di iPhone juga bisa disebabkan oleh sistem operasi iPhone (iOS) mengalami bug atau masalah kompatibilitas.

Jika memang notifikasi tidak berfungsi karena masalah ini, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara update iOS yang kamu gunakan.

Untuk melakukan hal ini kamu bisa membuka aplikasi Settings, klik General, dan pilih Software Update. Unduh dan instal pembaruan apa pun yang tersedia.

6. Reset semua pengaturan iPhone

Jika dengan semua cara di atas, notifikasi yang tidak berfungsi di iPhone masih belum teratasi, maka kamu bisa menggunakan cara terakhir, yaitu reset semua pengaturan iPhone.

Cara ini akan mengatur ulang semua pengaturan iPhone yang kamu gunakan ke default atau bawaan pabrik.

Data dan file yang tersimpan juga tidak akan hilang karena cara ini hanya mengembalikan pengaturan menjadi default.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB