Apa itu Centang Biru WhatsApp dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Ilustrasi centang biru WhatsApp (FOTO: BCA)

Indogamers.com - Sama halnya dengan Instagram, X/Twitter, ataupun Facecbook, WhatsApp juga memiliki layanan verifikasi resmi, yaitu centang biru yang mendukung dalam meningkatkan kredibilitas.

Meskipun layanan centang biru WhatsApp ini sudah ada cukup lama, namun masih banyak orang yang belum tahu tentang centang biru WhatsApp.

Karena itu, pada artikel kali ini Indogamers.com akan membahas mengenai apa itu centang biru WhatsApp dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis-jenis Scam yang Dilakukan Melalui Instagram

Centang biru WhatsApp

Centang biru atau verified badge WhatsApp merupakan penanda bagi bisnis untuk menandakan jika akun mereka adalah akun autentik dan telah terverifikasi oleh pihak WhatsApp.

Akun dengan centang biru WhatsApp juga akan terlihat lebih terpercaya. Akun yang autentik dan diverifikasi oleh WhatsApp akan membantu baik bisnis dan pelanggan.

Bagi para pelaku bisnis, memiliki akun centang biru dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan serta mendapatkan akses pada fitur-fitur marketing dari WhatsApp Business API. 

Bagi pelanggan, akun centang biru dapat membuat pelanggan tidak perlu khawatir untuk berinteraksi dengan perusahaan pilihan mereka.

Cara mendapatkan centang biru WhatsApp

Untuk mendapatkan centang biru WhatsApp, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, seperti, Dokumen-dokumen terkait bisnis yang dijalankan, akun Facebook Business Manager, dan akun sosial media atau website dengan penjelasan seperti di bawah ini, seperti dikutip dari laman resmi WhatsApp.

1. Dokumen-dokumen terkait bisnis

Untuk mendapatkan tanda centang biru pada WhatsApp, kamu harus memiliki badan usaha yang resmi dan itu berarti memiliki dokumen-dokumen untuk menunjukkannya. Dokumen-dokumen yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • SIUP

  • TDP

  • NIB

  • NPWP dan lain-lain.

Selain kebutuhan dokumen, kamu juga memastikan bahwa layanan atau produk bisnis tidak dilarang oleh WhatsApp. Berikut adalah beberapa layanan atau produk bisnis yang WhatsApp larang:

  • Narkotika dan obat-obatan terlarang

  • Tembakau dan perlengkapan yang berkaitan seperti bong (namun jika pakaian atau aksesoris yang menampilkan logo atau gambar tembakau diperbolehkan)

  • Alkohol (namun peralatan pendukung seperti gelas dan pendingin masih diperbolehkan)

  • Suplemen yang tidak aman untuk dikonsumsi seperti steroid anabolik

  • Senjata, amunisi, dan bahan peledak lainnya

  • Hewan hidup dan ternak

  • Produk atau layanan untuk orang dewasa

  • Produk kesehatan dan medis (untuk layanan medis masih diperbolehkan)

  • Layanan kencan

  • Layanan judi dengan uang nyata, dan lain-lain.

2. Akun Facebook Business Manager

Syarat berikutnya untuk memiliki centang hijau adalah memiliki akun Facebook Business Manager. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan akun Facebook pribadi milikmu.

Masul ke halaman https://business.facebook.com/overview untuk memulai proses pembuatan. Klik 'create account' di kiri bawah, masukkan nama bisnis, nama, dan alamat email. Setelah itu masukkan detil bisnis dan klik 'Submit'.

3. Akun media sosial dan website (opsional)

Memiliki akun sosial media dan website merupakan syarat opsional untuk proses verifikasi akun WhatsApp bisnis. Keduanya memiliki peran untuk membantu WhatsApp melihat bahwa bisnis telah dikenal oleh banyak orang. Hal ini dapat membantu proses verifikasi akun bisnis.

Untuk membuat akun centang biru WhatsApp, kamu bisa ikuti langkah-langkah selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Akfitfkan WhatsApp Business Platform

Hanya akun WhatsApp bisnis yang dapat mendapatkan tanda centang biru. Untuk mendapatkan akun bisnis, kamu perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari.

2. Menentukan Nomor dan Nama Display

Nomor dan nama display adalah nomor dan nama yang akan muncul pada akun WhatsApp bisnis. Oleh karena itu pastikan untuk tidak salah mengisinya agar menghindari kegagalan verifikasi dan pelanggan tidak dapat menghubungi.

3. Mendaftar ke Business Service Provider (BSP) WhatsApp

BSP adalah pihak resmi yang ditunjuk oleh WhatsApp untuk membantu bisnis mendaftarkan akun WhatsApp mereka untuk mendapatkan centang biru.

4. Tunggu Verifikasi Selesai

Proses verifikasi umumnya akan memakan waktu 7 hari kerja. Jika proses verifikasi berhasil, kamu akan mendapatkan centang biru di sebelah nama akun WhatsApp bisnis.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan centang biru di akun WhatsApp. Dengan akun yang dibubuhi centang biru, maka akun akan terlihat lebih terpercaya dan terlihat resmi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI