Nintendo Menutup Layanan Animal Crossing: Pocket Camp dan Mengurangi Fokus pada Game Mobile

Nintendo Menutup Layanan Animal Crossing: Pocket Camp dan Mengurangi Fokus pada Game Mobile (FOTO: Nintendo)

Indogamers.com - Pada 29 November 2024, tujuh tahun setelah diluncurkan, Animal Crossing: Pocket Camp akan secara resmi menghentikan layanannya.

Dalam pengumuman ini, Nintendo juga menyampaikan bahwa para pemain tidak akan lagi bisa melakukan pembelian mikrotransaksi, dan layanan berlangganan bulanan juga akan berakhir sebelum tanggal tersebut.

Namun, penggemar Pocket Camp tidak perlu khawatir karena Nintendo akan merilis versi baru dari game ini pada hari yang sama.

Baca Juga: The Sims 5 Dikabarkan Terinspirasi dari Game Nintendo Animal Crossing

Versi baru ini akan memungkinkan pemain untuk melanjutkan data penyimpanan mereka dari versi sebelumnya.

Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa aplikasi berbayar ini tidak akan lagi memiliki pembelian dalam aplikasi serta tidak memerlukan koneksi internet yang konstan. Namun, Leaf Tickets—mata uang dalam game yang digunakan untuk pembelian—tidak akan ikut terbawa ke versi baru ini.

Tanda-tanda Nintendo Mengurangi Fokus pada Game Mobile

Penutupan Pocket Camp adalah salah satu indikasi bahwa Nintendo semakin mengurangi fokus mereka pada pasar game mobile.

Jika dibandingkan dengan publisher besar lainnya seperti Activision dan Take-Two, yang secara rutin mendapatkan lebih dari setengah pendapatan tahunan mereka dari platform mobile, kontribusi dari game mobile bagi Nintendo hanya merupakan persentase kecil dari pendapatan mereka sejak mulai mengembangkan game mobile pada tahun 2016.

Baca Juga: Benarkah Animal Crossing Bagus Untuk Kesehatan Mental?

Nintendo sendiri telah meluncurkan delapan game mobile besar hingga saat ini, dan setidaknya lima di antaranya telah dihentikan, termasuk Animal Crossing: Pocket Camp.

Daftar game mobile Nintendo dan statusnya saat ini adalah sebagai berikut:

  • Miitomo (2016 – ditutup 2018)

  • Super Mario Run (2016 – masih aktif)

  • Fire Emblem Heroes (2016 – masih aktif)

  • Animal Crossing: Pocket Camp (2017 – ditutup 2024)

  • Dragalia Lost (2018 – ditutup 2022)

  • Dr. Mario World (2019 – ditutup 2021)

  • Mario Kart Tour (2019 – layanan berakhir 2023)

  • Pikmin Bloom (2021 – masih aktif)

Kesuksesan Fire Emblem Heroes dan Mario Kart Tour

Di antara semua game mobile yang diluncurkan Nintendo, Fire Emblem Heroes adalah yang paling sukses. menurut data dari Appmagic yang diterbitkan oleh Mobilegamer.biz.

Fire Emblem Heroes telah menghasilkan lebih dari $810 juta dari total pendapatan Nintendo yang diperkirakan mencapai $1,5 miliar dari game mobile hingga tahun lalu.

Baca Juga: Animal Crossing: New Leaf, Game menarik dari Nintendo 3DS

Sementara itu, Mario Kart Tour menjadi game mobile penghasil pendapatan terbesar kedua bagi Nintendo, melampaui Animal Crossing: Pocket Camp. Game ini telah menghasilkan sekitar $243 juta dari 230 juta unduhan, dengan pendapatan bulanan sekitar $2 juta.

Dengan penutupan Animal Crossing: Pocket Camp dan beberapa game mobile lainnya, tampak jelas bahwa Nintendo semakin mengurangi fokus mereka pada pasar game mobile.

Meskipun demikian, versi baru dari Pocket Camp yang akan dirilis pada akhir November 2024 menunjukkan bahwa Nintendo masih memberikan ruang bagi para penggemar untuk terus menikmati dunia Animal Crossing, meskipun dengan pendekatan yang berbeda.**

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI