5 Game Mobile Islami yang Aman dan Mendidik untuk Anak di Era Digital

Rekomendasi Game Anak (Foto: YouTube/Agee Inc)

Indogamers.com – Mudahnya mendapatkan informasi di era digital seperti ini tentunya membuat sebagian besar orang tua khawatir akan tumbuh kembang anaknya, pasalnya tidak mudah menyaring informasi mana saja yang layak diterima oleh anak dan mana yang tidak.

Untuk itu biasanya orang tua membatasi anaknya dalam bermain game, terutama game mobile yang sangat mudah diunduh dan dimainkan hanya dalam satu genggaman si kecil.

Berikut ini adalah rekomendasi 5 game mobile islami yang sangat ramah untuk anak.

Baca Juga: 5 Fakta Terbaru Karakter Xilonen di Genshin Impact Dituding Plagiat Influencer Oumi Janta, Siap Bawa ke Jalur Hukum

1. Muslim Millionaire

Generasi Milienial dan Generasi Z masa awal pastinya pernah menonton acara televisi yang berjudul Who Wants to Be a Millionaire, tentunya saat ini mayoritas dari kalian sudah berkeluarga dan bahkan memiliki anak ya.

Jika kalian kesulitan mencari game yang ramah anak maka Muslim Millionaire ini sangat cocok, game ini berisi pertanyaan dangan tema Islami, tentunya dibutuhkan wawasan agama yang luas untuk menyelesaikan game ini.

Game ini sendiri dikembangkan oleh para Mahasiswa dari LABKOMIF UIN Bandung, telah diunduh lebih dari seratus ribu pengguna dan mendapatkan sekitar enam ribu ulasan yang baik di Google Play Store.

Baca Juga: Beda Harga EA Sports FC25 di Steam dan PlayStation, Selisihnya Bikin Kaget

2. Cerdas Cermat Islami

Solite Kids merupakan perusahaan asal Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur yang mengembangkan game ini, memiliki antarmuka yang simple dan penuh warna namun tetap menarik untuk anak-anak.

Game ini menyajikan banyak pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan umum islami mulai dari level mudah sampai sulit. Jangan khawatir game ini memberikan beberapa item bantuan yang bisa dipakai si kecil untuk mempermudah dalam menjawab pertanyaan.

Game ini sendiri sudah diunduh oleh satu juta pengguna dan mendapatkan rating yang baik dengan lebih dari enam ribu ulasan di Google Play Store.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Game Avatar: The Last Airbender Terbaik Berdasar Rating

3. Marbel Pendidikan Agama Islam

Kali ini adalah game yang dibuat oleh perusahaan dari Kota Salatiga, Jawa Tengah yang bernama Educa Studio.

Game ini memiliki antarmuka yang sangat menarik bagi anak-anak, di dalamnya tersedia berbagai mini games mulai dari puzzle, tepat cepat dan kuis interaktif yang tentunya bermanfaat untuk menambah wawasan islami si kecil.

Sudah dimainkan lebih dari lima ratus ribu pengguna dan mendapatkan empat ribu ulasan yang baik tentunya game ini tidak akan mengecewakan untuk dimainkan.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

4. Marbel Gim Petualangan Puasa

Dilihat dari namanya tentunya game ini juga buatan Educa Studio, meski begitu game ini memiliki pengalaman bermain yang berbeda dari sebelumnya.

Bertema tentang puasa, game ini memberikan edukasi pada si kecil hal apa saja yang harus dilakukan saat puasa. Mulai dari bangun sahur, solat subuh sampai tarawih dan tidur Kembali.

Dengan bermain game ini diharapkan si kecil dapat memahami dengan mudah apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika menjalani ibadah puasa.

Baca Juga: Majalah PlayStation Play Tumbang Usai 30 Tahun Beroperasi

Sudah dimainkan lebih dari seratus ribu pengguna dan mendapatkan dua ribu ulasan yang baik di Google Play Store, tentunya game ini sangat layak untuk anak anda.

5. Belajar Mengaji Bersama Marble

Wawasan umum sudah, Puasa juga sudah, sekarang Educa Studio juga mengembangkan game yang dikhusukan untuk belajar mengaji si kecil.

Meskipun difokuskan untuk pelajaran mengaji tapi game ini sama sekali tidak membosankan.

Memiliki mini game yang bervariasi seperti puzzle, memancing huruf hijaiyah, tebak harakat sampai doa sehari-hari termasuk huruf latin dan arab serta bisa diputar suaranya agar si kecil bisa mengikutinya.

Game ini tersedia di Play Store dan sudah diunduh lebih dari satu juga pengguna serta mendapatkan tiga puluh ribu ulasan yang baik dari para pemainnya.

Perilaku selektif dari orang tua dan pesatnya kemajuan perindustrian teknologi perusahaan lokal membuat semakin mudahnya dalam mendidik anak, jadi jangan sia-sia kan kemajuan teknologi dengan lalai dalam mendidik anak.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI