Hati-hati, Discord Mulai Jadi Incaran Para Hacker Jahat!

null

Perusahaan keamanan siber Sophos mengumumkan peringatan bahwa Discord kini semakin gencar diincar oleh para hacker. 

IDGS, Kamis, 12 Agustus 2021 - Dengan 140 juta pengguna aktif dan lebih dari 300 juta pengguna terdaftar, tak heran apabila platform chatting yang populer di kalangan gamer itu jadi incaran para hacker jahat yang juga dikenal sebagai cracker.

Sophos mencatat jumlah malware yang terdeteksi di Discord dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir telah meningkat 140 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Dan sebagian permasalahan itu datang dari bagaimana file Discord tersimpan di Cloud.

"Begitu file diunggah ke Discord, mereka akan terus bertahan tanpa batas waktu jika tidak dilaporkan atau dihapus," bunyi laporan Sophos seperti dilansir dari PC Gamer.

Dalam penelitiannya terhadap berbagai tipe malware yang ditemukan di ruang penyimpanan cloud Discord, Sophos menemukan banyak peralatan cheating. beberapa bertujuan untuk mengeksploitasi protokol integrasi Discord untuk membuat lawan crash di dalam gim, dan sejumlah malware lainnya berfungsi untuk membuka konten berbayar, key, serta bypass. Meski begitu, sebagian besar hanyalah malware untuk mencuri credential.

Namun tipe malware yang paling berbahayan yang ditemukan adalah malware yang berfungsi untuk mencuri password, spyware, aplikasi palsu android untuk mencuri data-data finansial atau membajak transaksi digital. Ada juga yang mencuri informasi privat untuk dijual lewat remote access Trojans (RATs).

"Para pelaku di balik operasi ini menggunakan social engineering untuk menyebar malware pencuri credential, kemudian menggunakan credential yang mereka curi dari para korban untuk mengincar pengguna Discord lainnya," bunyi pernyataan Sophos.

 

Ilustrasi hacker jahat. (Pixabay)

Singkatnya, meski Discord juga tentunya memiliki sistem perlindungan dari serangan malware dan serangan cracker, mereka tidak bisa mencegah terjadinya kesalahan dari unsur manusia, yakni para penggunanya.

Jadi bagi kalian para pengguna setia Discord, jika kamu merasa ada file-file mencurigakan tersebar di kanal-kanal Discord yang kamu ikuti, jangan sungkan untuk segera melaporkannya ke moderator untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: PC Gamer

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI