Menyedihkan, MMORPG "Babylon's Fall" Sempat Catatkan 1 Pemain Online di Platform PC

MMORPG yang dikembangkan PlatinumGames dan dipublikasikan oleh Square Enix, Babylon's Fall, semakin meredup di mana gim itu sempat hanya mencatatkan 1 pemain aktif di platform PC. 

IDGS, Senin, 9 Mei 2022 - Melansir data Steam Charts, pada 4 Mei 2022 hanya ada satu pemain saja yang online di Babylon's Fall, yang artinya, hanya satu pemain itu saja yang memainkan gim tersebut di platform PC.

Babylon's Fall juga dirilis untuk PS4 dan PS5 namun tidak ada data akan pemain aktif di dua konsol tersebut.

 

Babylon's Fall. (NME/Platinum Games/Square Enix)

Data dari Steam Charts juga menunjukkan jumlah rata-rata pemain Babylon's Fall di 30 hari terakhir adalah 62 pemain. Sedangkan jumlah pemain terbanyak di satu waktu adalah 1.166 pemain pada bulan Maret, bulan di mana MMORPG itu dirilis (3 Maret 2022).

Bandingkan dengan Marvel's Avengers MMORPG yang juga dipublikasikan Square Enix yang dapat mencatatkan jumlah pemain lebih dari 30 ribu di hari perilisannya di platform PC. Menariknya, Marvel's Avengers dicap sebagai "gim gagal" oleh Squre Enix.

Hingga 8 Mei 2022, jumlah pemain aktif di Babylon's Fall hanya mencapai rata-rata 50 orang dengan jumlah tertinggi hanya 77 pemain saja dalam sepekan terakhir.

.

Babylon's Fall. (NME/Platinum Games/Square Enix)

Babylon's Fall mendapat hujan kritik ketika diluncurkan pada Maret tahun ini. Menurut review aggregator Metacritic, gim itu sejauh ini adalah "gim PS5 terburuk yang pernah direview" dan "gim terburuk tahun ini".

Meski menunjukkan hasil yang sangat menyedihkan bagi MMORPG, PlatinumGames dan Square Enix ngotot bahwa pengembangan Babylon's Fall tidak berada dalam bahaya, alias tidak akan ditutup dalam waktu dekat.

Bahkan dalam cuitan Twitter pada 18 Maret lalu, pihak pengembang menyakinkan bahwa mereka "tidak akan mengurangi skala pengembangan Babylon's Fall" dan "telah mengembangkan konten untuk Season 3 dan selanjutnya".

https://twitter.com/BabylonsFall_EN/status/1504853675931406339?s=20&t=ChELBf_FEe4nG5rWCKAKXA

Entah apa yang menjadi alasan bagi PlatinumGames dan Square Enix ngotot melanjutkan Babylon's Fall. Mungkin karena telah terlanjur menyewa server dalam jangka waktu lama? Yang jelas jika Marvel's Avenger saja dicap gagal, lantas Babylon's Fall dicap apa?

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI