Tier List dan Team Building Untuk Project Neural Cloud, Gim Gacha Mobile Yang Akan Segera Rilis!

Gim gacha mobile "Girls' Frontline: Project Neural Cloud" telah dipastikan akan merilis server global pada 21 November 2022 atau kurang dari sepekan lagi. 

IDGS, Selasa, 15 November 2022 - Gim spin-off dari gim gacha "Girls' Frontline" tersebut akan rilis baik untuk perangkat Android maupun iOS.

Gim ini adalah gim bergenre 3D strategy rougelike yang dikembangkan oleh Sunborn dan Mica Team, serta disebut-sebut beperan sebagai prekuel bagi gim lanjutan dari Girls' Frontline, "Girls' Frontline 2: Exilium" yang masih belum jelas kapan akan dirilis.

Gameplay gim ini mirip seperti auto-chess di mana para karakter (disebut "Doll") akan bertarung dengan sendirinya melawan para musuh, dengan kita sebagai pemain dapat memberi perintah-perintah tertentu menggunakan berbagai kartu (disebut "Function Card" yang kita dapat secara random saat menjalankan rangkaian misi) atau mengubah susunan Doll di medan pertempuran. Dalam satu tim kalian bisa memasang maksimal 5 Doll dan 3 Doll cadangan yang bisa saling bergantian keluar masuk medan pertempuran.

 

https://www.youtube.com/watch?v=vMzwhxfV03Y&ab_channel=Steparu

 

Dengan semakin dekatnya tanggal rilis dari Project Neural Cloud (disingkat PNC), sudah cukup banyak para content creator yang merilis tips & trick maupun guide mengenai gameplay maupun tier list dari gim tersebut. Nah, kali ini Indogamers akan merangkum segala informasi yang telah Indogamers dapatkan, saring, dan cek ulang dengan berbagai sumber mengenai tier list mendetail dari setiap Doll dalam gim.

Informasi tersebut meliputi Doll mana yang wajib diincar saat reroll, serta sedikit tips dalam membangun tim untuk mempermudah progress kalian nantinya.

 

(Situs resmi PNC)

Sebelum kita memasuki seksi tier list, Indogamers akan membahas lebih dulu mengenai beberapa elemen di dalam gim agar kalian dapat memahami tier list dengan lebih mudah.

Class

Terdapat total 5 class bagi para Doll di PNC, antara lain:

  • Guard: Berada di garis depan, bertugas menahan serangan musuh dan menyerap damage untuk melindungi rekan-rekannya.
  • Fighter/Warrior: Berada di garis depan dan bertugas memberi damage pada lawan sekaligus menahan laju musuh.
  • Sniper: Berada di garis belakang dan memiliki tugas memberi damage sebanyak mungkin kepada lawan dari jarak jauh.
  • Medic: Berada di garis belakang dan bertugas menyembuhkan para Doll yang membutuhkan.
  • Specialist: Umumnya berada di garis belakang dan bertugas mendukung para Doll lainnya di pertempuran lewat buff atau debuff.

Setiap Doll dapat ditingkatkan rarity-nya hingga maksimal ?5. Yang membedakan adalah rarity awal masing-masing Doll saat didapatkan pemain. Dari rarity-nya, Doll dibagi menjadi tiga yakni ?1,?2, dan ?3.

Function Card

Kartu yang digunakan pemain untuk memberi perintah secara manual kepada para Doll saat bertarung. Function Card terbagi ke dalam 5 jenis sesuai dengan jumlah class yang ada dalam PNC, di mana sebelum memulai setiap stage kita diberi kesempatan memilih jenis Function Card yang ingin kita peroleh, misal Function Card bagi class Medic, Healer, Sniper, etc.

Jika kita menjalankan misi berantai (chain mission), maka kita bisa menumpuk suatu jenis Function Card tertentu yang otomatis meningkatkan kesempatan munculnya Function Card yang sangat bagus bagi class tersebut, misalnya terus memilih opsi Function Card bagi Sniper sembari menyelesaikan beberapa stage dari suatu misi berantai akan meningkatkan kesempatan mendapatkan Function Card Sniper yang bagus.

 

https://youtu.be/3FIYY5KNOaw

 

Kalian juga bisa memilih fleksibilitas dengan memilih beberapa jenis Function Card dalam suatu misi berantai untuk menghadapi stage-stage tertentu.

Kualitas suatu jenis Function Card bisa ditingkat dengan mengupgrade "Overclocking Function" di bagian "Strategic Technology" di infrastruktur Oasis (markas/base).

Membangun Tim (Team Building)

Terdapat setidaknya 4 jenis tim yang bisa kalian pilih, yang dibedakan berdasarkan orientasi dan komposisi class-nya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis tim!

One of Each (1 Guard, 1 Medic, 1 Warrior, 1 Sniper, 1 Specialist)

  • Kelebihan: Menjaga setiap anggota tim memiliki level yang sama-sama tinggi, paling hemat resource.
  • Kekurangan: Keterbatasan opsi spesialist yang bisa sangat berguna di situasi-situasi tertentu, serta harus mengupgrade seluruh jenis Function Card secara merata. Kualitias setiap Doll harus sangat tinggi (Tier S/S+/SS)

Fokus Damage (1 Guard, 1 Medic, 2 Warrior+1 Sniper atau 2 Sniper+1 Warrior)

  • Kelebihan Dapat fokus pada Function Card bagi Doll Damage Dealer (Penghasil Damage)
  • Kekurangan: Memaksa pemain farming material lebih banyak, membuang-buang waktu.

Fokus Healer (1 Guard, 2 Medic, 1 Warrior, 1 Sniper)

  • Kelebihan: Berorientasi pada kemampuan bertahan hidup yang tinggi, namun memiliki daya gempur rendah. Para Doll Medic yang memiliki kemampuan memberi Damage cukup mumpuni sangat bersinar di tim ini.
  • Kekurangan: Memaksa pemain farming material lebih banyak, membuang-buang waktu, dan membutuhkan strategi lebih untuk melewati DPS Check yang dibutuhkan demi menyelesaikan stage-stage tertentu. Kekurangan Specialist yang sangat berguna di stage-stage tertentu.

Seimbang/Balanced (1 Guard, 2 Medic, 2 Warrior/2 Sniper)

  • Kelebihan: Komposisi paling stabil dan fleksibel, di mana pemain bisa fokus menumpuk opsi Function Card bagi DPS atau Medic.
  • Kekurangan: Menghabiskan banyak resource, kekurangan Damage Dealer jarak dekat/jauh bisa sangat membahayakan di stage-stage tertentu.

Panduan Tier List berdasarkan CBT EN (global server)

Sebelum memulai harap diingat bahwa tier list ini dibuat berdasarkan informasi dari CBT PNC server global (EN). Tentunya akan ada perubahan pada versi final saat rilis nanti. Namun menurut ekspektasi dan pengalaman bermain gim gacha sebelumnya, seharusnya tidak akan ada perubahan  yang terlalu signifikan. Tentunya Indogamers akan merilis update Tier List seiring dengan dirilisnya PNC server Global dan Doll-doll baru nantinya.

Kualititas dari para Doll di guide ini dibagi ke dalam 6 Tier, yakni SS > S > A > B > C dan Tier khusus SP (spesial).

  • SS: Godlike
  • S: Wajib dinaikkan jika jika memungkinkan. Melaksanakan tugas mereka dengan baik dan seringkali memberi opsi ekstra di luar perannya.
  • A: Cukup bagus dalam menjalankan tugasnya, dan bisa berfungsi dengan sangat baik di situasi-situasi tertentu.
  • B: Tidak terlalu kuat namun bisa menjalankan tugasnya jika levelnya cukup.
  • C: Membutuhkan investasi yang banyak hanya untuk bisa jadi sebatas opsi. Tidak direkomendasikan digunakan di awal permainan.
  • SP: Karakter yang performanya sangat berpengaruh pada situasi suatu stage. Bisa menjadi yang terbaik dalam melaksanakan tugasnya di situasi-situasi tertentu, namun bisa menjadi sebaliknya di situasi lain. Dengan kata lain, terlalu situasional.

Tier List GUARD

CROQUE

Tier S (Earlygame), Tier S (Endgame)

Tidak terlalu perlu menaikkan tank lain jika memiliki Croque. Diprediksi tidak akan terlampui (powercrept) oleh Doll-doll baru. 

 

 

 

EVELYN

Tier A+ (Earlygame), S (Endgame)

Kemampuan mengurangi damage yang bagus.  Anti-melee tank. 

 

 

 

YANNY

Tier SP (Earlygame), SP (Endgame)

Memungkinkan para Doll melakukan focus-fire ke 1 musuh di lini belakang, sangat berguna tanpa memandang rarity. Sangat keras menahan physical damage jika rarity-nya ditingkatkan. Tidak terlalu berguna di late game melawan stage dengan banyak musuh. Beberapa stage tidak ramah terhadap skill pasifnya.

 

BONEE

Tier B (Earlygame), A+ (Endgame)

Kemampuan shield yang masif jika dibuild dengan benar. Sinergi bagus dengan tim berorientasi Healing (Medic). Memulai dengan ‚òÖ1 sehingga butuh resource dan waktu untuk mengupgrade rarity dan stats-nya.

 

 

SOUCHUN

Tier B (Earlygame), B (Endgame)

Spesialist menahan Calculation Damage (Magic Damage) namun tetap kalah dari Croque. 

 

 

 

ZION

Tier B (Earlygame), B (Endgame)

Kemampuan Damage Cut, namun stats terlalu rendah membuatnya kurang efektif.

 


Tier List WARRIOR/FIGHTER

AKI

Tier S (Earlygame), S (Endgame)

Spesialis Critical Damage dengan Burst Damage mengerikan. Menjalankan tugasnya sebagai Fighter dengan sangat bagus. ‚òÖ3 dari awal sehingga hemat resource. Skalabilitas tinggi sesuai dengan investasi resource yang diberikan kepadanya.

 

 

BETTY

Tier A+ (Earlygame), S (Endgame)

Pasif membuat skalabilitas damagenya begitu tinggi. Skill memberinya superarmor (kebal CC). Sinergi yang bagus dengan Function Card Fighter. Sama dengan versi di Girls' Frontline, memiliki voiceline yang sangat annoying.

 

 

CHELSEA

Tier A (Earlygame), S (Endgame)

Bisa menjalankan tugasnya sebagai Fighter dengan baik namun terlalu bergantung pada posisinya. ‚òÖ1 di awal sehingga butuh waktu dan resource untuk mengupgrade-nya. Membutuhkan big brain untuk memainkannya. Tidak semua stage kompatibel dengan Chelsea. Buruk dalam hal single-target damage.

 

VEE

Tier SP (Earlygame), SP (Endgame)

Satu-satunya Fighter yang bisa menyerang musuh dari jarak jauh sekaligus tidak menghiraukan kemampuan evasion/stealth lawan. Sangat versatile. ★3 dari awal dengan ultimate yang kuat.  Tidak bisa menghasilkan Critical Damage (kecuali menggunakan susunan Function Card tertentu). Skalabilitas yang agak kurang.

 

FERN

Tier SP (Earlygame), SP (Endgame)

Kemampuan CC/displacement yang unik, pada dasarnya dapat memindah garis depan musuh dalam sekejab. Terlalu bergantung pada situasi di stage sehingga hanya berguna di saat-saat tertentu. Ultimate yang buruk.

 

 

CENTAUREISSI

Tier B (Earlygame), B (Endgame)

Kemampuan knock-back yang cukup berguna. ‚òÖ3 dari awal dengan ultimate yang cukup bagus. Namun Ultimate bisa diblokir musuh.

 

 

SOL

Tier B (Earlygame), C (Endgame)

Cukup bagus di awal, namun skalabilitas yang buruk membuatnya jelek di fase late game.

 

 


Tier List SNIPER

HUBBLE

Tier S (Earlygame), S (Endgame)

AoE Sniper dengan skalabilitas  damage mumpuni. ★3 dengan ultimate yang bagus.

 

 

 

LAM

Tier A+(Earlygame), SS (Endgame)

Pasif mengonversi attack speed menjadi Crit Rate. Memprioritaskan target dengan HP tertinggi. Skill yang dapat menghancurkan unit tank musuh, ultimate yang berpotensi menyapu bersih semua musuh di stage.

 

 

MAX

Tier A (Earlygame), S (Endgame)

Menghasilkan True Damage, kecepatan serangan yang tinggi. Optimal jika ditaruh di lini depan.

 

 

 

EARHART

Tier A- (Earlygame), S(Endgame)

Memiliki superarmor (kebal CC), memiliki kemampuan menambah DMG yang masif.

 

 

 

TWIGS

Tier A+ (Earlygame), S (Endgame)

Secara teori bisa menghasilkan damage AoE tertinggi di dalam gim. Sulit digunakan, sama seperti Chelsea.

 

 

SIMO

Tier A+ (Earlygame), Simo (Endgame)

‚òÖ1 dari awal sehingga butuh waktu dan resource untuk diupgrade. Ultimate memberi status stealth yang bisa menyelamatkanmu di situasi gawat. Jack of All Trades, Master of None.

 

 

FRESNEL

Tier A (Earlygame), A (Endgame)

:Skalabilitas bagus hingga endgame, bisa memaksa musuh agar tidak menyerang dirinya. Ultimate agak lemah dari segi damage.

 

 

OCTOGEN

Tier B (Earlygame), B+ (Endgame)

Ultimate yang membunuh dirinya sendiri.

 

 

 


Tier List SPECIALIST

ANGELA

Tier S (Earlygame), SS (Endgame)

Pada ‚òÖ5 bisa dibilang dia sangat Godlike. Mampu mengurangi CD skill teman dan menambah CD skill musuh secara permanen. Kekurangannya adalah sangat bergantung pada Doll teman dengan skill/ultimate yang kuat serta Low rarity sehingga butuh investasi

 

 

SAKUYA

Tier S (Earlygame), S (Endgame)

Spesialist dengan damage AoE tertinggi. Bersinergi sangat bagus dengan Function Card yang memberi debuff "Bleeding" pada lawan.

 

 

RISE

Tier A+ (Earlygame), S (Endgame)

Memberi buff stats yang bagus. Ultimate memberi kemampuan focus fire. Memiliki debuff Damage Taken% yang langka.

 

 

BANXSY

Tier A+ (Earlygame), S (Endgame)

Skalabilitas damage yang bagus, dapat mengurangi akurasi/evasion musuh. Sulit digunakan karena penempatan posisinya random.

 

 

DUSHEVNAYA

Tier A+ (Earlygame), A+ (Endgame)

Cukup berguna namun bukan yang terbaik.

 

 

 

ANTONINA

Tier A (Earlygame), A+ (Endgame)

Kemampuan CC yang konsisten dari awal hingga akhir permainan. Memiliki Ultimate CC yang berguna di stage yang tepat.

 

 

WILLOW

Tier A (Earlygame), B+ (Endgame)

Memiliki kemampuan Blind yang sangat berguna di early game. Blind kurang berguna di fase endgame.

 

 

MAI

Tier B+ (Earlygame), A+ (Endgame)

Memiliki kemampuan Blind yang sangat berguna di early game. Skalabilitas damage cukup bagus di endgame.

 

 

ABIGAIL

Tier B+ (Earlygame), A (Endgame)

Memiliki buff yang kuat namun jangkauan yang pendek, sehingga sangat tergantung pada posisi.

 

 

GROOVE

Tier B (Earlygame), B (Endgame)

Skalabilitas buruk.

 

 

 

KSENIA

Tier B (Earlygame), B (Endgame)

Versi bertahan dari Abigail. Kemampuannya hanya berguna bagi 1 Doll teman dalam satu waktu.

 

 


Tier List MEDIC

NANAKA

Tier S (Earlygame), S+ (Endgame)

AoE Healing, Ultimate dapat mencegah Doll teman terkena one-shot kill. Skalabilitas tinggi hingga fase late game. .

 

 

PERSICA

Tier S (Earlygame), S (Endgame)

Maskot PNC. Material upgrade hingga ‚òÖ5 diberikan secara gratis. Dapat menghidupkan kembali Doll kawan. Relevan hingga fase late game.

 

 

FLORENCE

Tier SP (Earlygame), SP (Endgame)

Memberi damage reduction masif bagi target yang di-heal. Tidak terlalu membutuhkan upgrade rarity agar bisa berguna. Ultimate berorientasi DPS.

 

 

GIN

Tier B+ (Earlygame), A (Endgame)

Heal AoE tertinggi di dalam gim. Sangat berguna melawan musuh dengan kemampuan DoT (damage over time). Tidak memberi support lebih selain AoE Heal, dan kalah secara keseluruhan dari Nanaka.

 

 

JESSIE

Tier B (Earlygame), SP (Endgame)

Bisa menjadi hard-carry bagimu di beberapa stage tertentu.

 

 

 

IMHOTEP

Tier B (Earlygame), B+ (Endgame)

AoE Healer. Skalabilitas yang kurang bagus.

 

 

 

Choco

Tier C (Earlygame), C (Endgame)

Jack of All Trades but without the "Jack".

 

 

 

PANAKEIA

Tier C (Earlygame), C (Endgame)

Healing yang tidak konsisten, skalabilitas rendah.

 

 

 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Discord Resmi PNC, Translasi Skill Doll PNC

Gambar: Sunborn/Mica Team/Discord Resmi PNC

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI