logo

League of Legends Ikut Memajukan eSports di Tanah Air!

root
Selasa 07 Januari 2014, 07:00 WIB
League of Legends Ikut Memajukan eSports di Tanah Air!

League of Legends Ikut Memajukan eSports di Tanah Air!

Jakarta, Juli 2014 – Garena Indonesia, perusahaan internet internasional yang berbasis di Singapura, membuktikan janjinya untuk memajukan Olahraga Elektronik – atau yang lebih dikenal sebagai eSports – tanah air melalui League of Legends (LoL). Garena mengaplikasikan format pertandingan olahraga dalam pertandingan game League of Legends.

 

 

Sekilas mengenai eSports – di Indonesia, eSports merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSports Association). eSports memiliki struktur dan tingkatan pertandingan yang sama seperti pada cabang olahraga tradisional, perbedaannya adalah para atlet eSports tidak bertanding secara fisik di lapangan, melainkan lebih mementingkan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer. IeSPA merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). FORMI sendiri merupakan federasi yang telah diakui oleh Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), maupun KOI (Komite Olahraga Indonesia).

Pada pertandingan Electronic Sports (eSports) ini, para pemain diharuskan bertanding dalam beberapa rangkaian kompetisi dengan format tim yang masing-masing beranggotakan 5 Atlet eSports. Mereka saling bertanding melawan tim lainnya pada waktu yang telah ditentukan. Seluruh rangkaian kompetisi tersebut dilakukan secara online, sehingga masing-masing tim dapat bertanding meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Rangkaian kompetisi ini memiliki 3 tahap yang secara keseluruhan merupakan proses seleksi pencarian tim unggulan yang berhak mewakili Indonesia pada pertandingan League of Legends di Asia Tenggara. Ketiga tahap tersebut adalah:

  • Tahap pertama adalah Kennen Cup untuk tingkat pemula yang merupakan tahap seleksi untuk mencari tim-tim berbakat yang berhak maju ke babak selanjutnya.
  • Tahap kedua adalah Glorious Arena merupakan ajang persaingan yang cukup ketat diantara tim-tim terhebat seluruh Indonesia yang berhasil lolos dari Kennen Cup, untuk dapat maju ke tahap Pro.
  • Selanjutnya tahap terakhir adalah League of Legends Garuda Series (LGS) yang merupakan kompetisi Tingkat Professional antara 8 tim terbaik di Indonesia.

League of Legends Garuda Series

League of Legends Garuda Series (LGS) merupakan kompetisi tingkat tertinggi dari League of Legends Indonesia. Kompetisi ini mempertandingkan 8 tim yang sebelumnya telah berhasil lolos dari tahap Kennen Cup dan Glorious Arena ini akan bertanding selama tiga bulan untuk memperebutkan gelar pemain League of Legends terbaik di Indonesia.

Kedelapan tim yang menjadi peserta kejuaraan LGS pertama ini adalah Team All Hail, XCN, BKT S1, Madrigals, Stuck in Bronze V, Virtus Omega, MM, dan Panti Jompo Gaul. Pertandingan di kejuaraan ini bisa disaksikan secara live setiap hari Sabtu di channel YouTube resmi League of Legends Indonesia dan akan dibawakan oleh komentator RG, Silver, dan Wolfy.

Dari segi dukungan dan sponsor, kompetisi ini didukung penuh oleh IeSPA yang merupakan organisasi eSport Indonesia yang telah diakui oleh pemerintah. Selain itu, Indomog dan Logitech G juga ikut memeriahkan dan membuat kompetisi ini semakin besar dengan menjadi sponsor resmi kejuaraan ini. Tidak lupa juga, Garena Indonesia telah menyiapkan total hadiah 100 juta rupiah untuk seluruh tim peserta kompetisi LGS dengan rincian sebagai berikut:

  • Juara Pertama : Rp 35.000.000,00
  • Juara Kedua : Rp 20.000.000,00
  • Juara Ketiga : Rp 12.000.000,00
  • Juara Keempat : Rp 10.000.000,00
  • Juara Kelima : Rp 8.000.000,00
  • Juara Keenam : Rp 6.000.000,00
  • Juara Ketujuh : Rp 5.000.000,00
  • Juara Kedelapan : Rp 4.000.000,00

Selain hadiah uang tunai, sponsor resmi menyiapkan hadiah gaming gear untuk tiga pemenang terbaik. Tim yang berhasil menunjukkan kehebatannya dan menjadi juara pertama dalam kompetisi ini juga akan dikirim untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi selanjutnya yang bernama Garena Premier League (GPL). Ajang kompetisi League of Legends ini akan mempertemukan dan mengadu tim-tim terbaik dari penjuru Asia Tenggara pada bulan Desember mendatang.

Untuk informasi selengkapnya tentang League of Legends Garuda Series, perolehan poin, dan statistik mendalam dari setiap tim, silahkan kunjungi http://lgs.lol.garena.co.id. Selain itu, bagi yang ingin mengikuti kompetisi League of Legends paling bergengsi di Indonesia ini, silahkan kunjungi website resmi League of Legends Indonesia di http://lol.garena.co.id untuk informasi lengkap tentang kejuaraan resmi yang diadakan di Indonesia.

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Mobile02 Mei 2024, 22:47 WIB

Royal Revolt A Trader’s Tale, sebuah RPG berdasarkan Game Populer, kini tersedia di Android dan iOS

Dalam game Royal Revolt: A Trader’s Tale, pemain diajak untuk menjelajahi dimensi permainan yang baru, menggabungkan unsur crafting dan trading dengan pertempuran cepat.
Royal Revolt A Trader’s Tale, sebuah RPG berdasarkan Game Populer, kini tersedia di Android dan iOS (FOTO: Youtube JustNewGames)
E-Sport02 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil Cadera Gold Laner GEEK FAM asal Madura, Mantan Pemain AOV

Mohammad Pambudi atau yang akrab disapa Cadera pro player Mobile Legends dari tim Esports Geek Fam.
Profil Cadera GEEK FAM (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Guides02 Mei 2024, 21:56 WIB

5 Hero Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Solo Rank Berdasarkan Update Terbaru, Jaminan Menang Mudah di Mode Ranked!

Dengan pembaruan terbaru yang mengguncang meta, penting untuk tetap terinformasi tentang hero-hero paling efektif untuk naik peringkat dengan mudah.
5 Hero Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Solo Rank Berdasarkan Update Terbaru, Jaminan Menang Mudah di Mode Ranked! (FOTO: Repro/Moonton)
Guides02 Mei 2024, 21:44 WIB

5 Tips untuk Menang Mudah Solo Rank di Mobile Legends, Dijamin Bakalan Winstreak!

Bermain solo dapat menantang, tetapi dengan memilih hero yang tepat dan menggunakan strategi yang sesuai, kamu masih dapat meraih kemenangan.
Moskov Mobile Legends (FOTO: Tangkap Layar/Moonton)
Gadget02 Mei 2024, 20:35 WIB

3 Laptop Gaming ASUS Termurah Lengkap dengan Spesifikasi dan Harganya

Harganya ada yang Rp5 jutaan.
ASUS VivoBook 15 F512DA, salah satu laptop gaming termurah ASUS (FOTO: Tokopedia)
PC02 Mei 2024, 20:05 WIB

Daftar Laptop Gaming Terbaik 2024 dengan Refresh Rate 165Hz Beserta Spesifikasi dan Harganya

Laptop gaming yang mampu menghasilkan pengalaman bermain smooth dalam setiap pergerakannya.
MSI Raider  GE78HX 13VI (FOTO: MSI)
E-Sport02 Mei 2024, 20:00 WIB

Profil BTR KYY, Roamer Andalan Bigetron Alpha, Anggota Trio Prot Prot

Hengky Gunawan atau dikenal sebagai BTR KYY merupakan seorang pro player Mobile Legends dari tim esports Bigetron Alpha
Profil BTR KYY (FOTO: Instagram.com/btr_kyy)
E-Sport02 Mei 2024, 18:53 WIB

Jadwal MPL ID Season 13 Week 7, Siapa yang akan Lolos ke Babak Playoffs?

Babak reguler MPL Indonesia season 13 semakin sengit untuk memperebutkan tiket ke babak playoffs.
MPL Indonesia Season 13. (Sumber: id-mpl.com)
Gadget02 Mei 2024, 18:30 WIB

Apa itu APN pada Smartphone? Ketahui Penjelasan, Fungsi hingga Cara Mengaturnya

APN memiliki peran penting juga di smartphone.
Ilustrasi setting APN di smartphone iOS (FOTO: Indogamers)
Guides02 Mei 2024, 18:28 WIB

Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android

Berikut langkah demi langkah untuk main game Harvest Moon Back to Nature di Android.
Harvest Moon Back to Nature di Android. (Sumber: IGN)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.