AMD Sedang Kembangkan Prosesor Gabungan CPU dan GPU `Carrizo`

AMD Sedang Kembangkan Prosesor Gabungan CPU dan GPU `Carrizo`

Jakarta, 18 Desember 2014, Peter Chamber, Consumer Business Lead, AMD APJ region mengungkapkan rasa bahagianya di akhir tahun atas penjualan produk mereka yang terus meningkat di Indonesia. Pada sepanjang tahun 2014 ini, AMD memang telah banyak meluncurkan produk-produk baik dari kelas low end hingga ke high end.

 

Peter Chamber

 

Salah satu peluncurannya yang cukup sukses adalah Beema dan Kaveri. Dua produk ini merupakan produk AMD APU generasi ke 4 dari AMD. Saat ini kedua produk tersebut telah tersedia pada beberapa produk notebook terkenal seperti Acer, Asus, HP, Lenovo, MSI dan Toshiba.

 

 

Satu hal yang ditegaskan di sini adalah mengenai pasar Indonesia yang terus berkembang. Jika beberapa tahun sebelumnya AMD masih belum bisa merambah pasar kelas menengah hingga atas, pada tahun terakhir, seperti data yang didapatkan dari GFK pada Oktober 2014 yang lalu, penjualan AMD A-series telah mencapai angka 54%. Hal ini didapatkan dari penjualan notebook dengan prosesor AMD APU. Ini sudah termasuk pada semua jajaran A Series mulai dari A4, A6, A8, dan A10.

Apa yang telah didapatkan oleh AMD tersebut ternyata semakin membuat perusahaan tersebut berkembang. Tak ingin kalah dengan kompetitornya, AMD ternyata masih fokus dengan pengembangan APU yang sudah secara utuh mendukung ekosistem HSA melalui produk AMD APU generasi ke 5 dengan kode nama Carrizo. HSA memungkinkan CPU dan GPU untuk mengakses memori fisik dan virtual yang sama sehingga memungkinkan pengembangan program dan menjalankan program secara lebih cepat dan efisien terutama untuk program yang memanfaatkan akselerasi GPU.

 

 

Kelebihan prosesor "Carrizo" ini sendiri memiliki kelebihannya tersendiri dimana prosesor tersebut adalah gabungan dari CPU, GPU, north bridge dan south bridge dalam 1 chip. Selain itu Carrizo sendiri juga diyakini akan memberikan peningkatan performa yang besar dengan efisiensi daya yang cukup tinggi.

Sayangnya AMD masih enggan memberikan informasi lebih lengkap lagi mengenai tanggal rilis dan harga bandrol prosesor tersebut. AMD hanya memberi-tahukan bahwa prosesor tersebut akan dirilis di tahun 2015 nanti. <bms>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI