Hacker Kacaukan Turnamen The International 2015!

Hacker Kacaukan Turnamen The International 2015!

The International 2015 merupakan turnamen game Dota 2 paling bergensi. Dalam turnamen tersebut, banyak tim-tim Dota 2 profesional yang turut berpartisipasi demi mendapatkan hadiah utama yang bernilai sangat besar yaitu $18.000.000 atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp. 234 miliar. 

Namun siapa yang menyangka jika di hari kedua turnamen tersebut hacker berhasil mengacaukan pertandingan antara Evil Geniuses melawan compLexity Gaming di saat pertengahan babak pertama. Hacker tersebut berhasil melumpuhkan server dengan menggunakan metode serangan Distributed Denial of Service (DDoS) attack. 

DDoS attack sendiri merupakan jenis serangan  terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer itupun tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Sehingga secara tidak langsung dapat mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang.

Seperti yang dilansir Indogamers dari laman PC World (5/8/2015), setelah hacker tersebut berhasil mengacaukan pertandingan tersebut, pertandingan antara kedua tim Dota 2 profesional tersebut pun akhirnya diberhentikan oleh panitia selama 45 menit. 

Dengan adanya peristiwa kali ini, banyak yang mempertanyakan masalah keamanan dan juga proteksi di dalam turnamen bergengsi ini. Valve selaku penyelenggara diharapkan dapat memperbaiki celah keamanan tersebut agar di saat babak grand final nanti, masalah seperti ini tidak akan terjadi lagi. 

<fjr>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI