Hati-hati! Hacker Retas Sidik Jari Dari Pose Dua Jari!

Hati-hati! Hacker Retas Sidik Jari Dari Pose Dua Jari!

Foto Selfie memang bukan hal yang biasa lagi, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa terbukti suka berselfie. Segala moment di abadikan di smartphone kesayangan mereka. Tapi ada salah satu gaya selfie yang tak pernah habis tertinggal jaman yaitu dengan bergaya 'peace'.

Gaya selfie dengan menunjukkan jari telunjuk dengan jari tengah itu sudah menjadi gaya selfie hampir semua orang di muka bumi ini. Namun sayangnya pose tersebut kini mendapatkan kecaman dari hacker, pasalnya hacker akan menyerang mereka yang selfie dengan pose dua jari. 

Bagaimana mungkin bisa?


Seperti Indogamers lansir dari laman Newstoday.id, Selasa (17 Januari 2017), para peneliti dari National Insitute of Informatics (NII) Jepang mengungkapkan bahwa ukuran sidik jari manusia bisa dilihat jelas dari jarak tiga meter.
Pose dua jari sudah menjadi gaya selfie paling  legendaris di dunia. Bahkan di Jepang tanda 'peace' atau perdamaian itu sudah muncul sejak awal 1970-an. 

Nah, pada saat itulah tanda perdamaian adalah bagian dari gerakan hippie di Amerika Serikat yang menentang Perang Vietnam. Pose berselfie dengan gaya perdamaian inilah akhirnya mulai menjamur ke seluruh negeri. Di Jepang, pose ini sangatlah terkenal, hampir semua orang di Jepang selalu menujukkan dua jarinya sebagai bentuk 'peace'.

Namun sayangnya, kepopuleran pace pose ini kini merupakan gaya berbahaya dalam selfie terutama pada sisi keamanan, karena para hacker akan memanfaatkan metode biometrik sidik jari pengguna yang diperlihatkannya lewat foto. Hacker akan mengurai dan mengimitasinya ke dalam salinan desain sidik jari yang baru, atau dengan kata lain mereka bisa memalsukan sidik jari orang yang ada di foto karena gaya tersebut.

Melihat adanya kerentanan pada foto, kini para peneliti berupaya untuk menciptakan sistem keamanan agar hacker tidak memanfaatkan foto untuk memalsukan sidik jari. Salah satunya ciptaan terbaru dari para peneliti yakni degan membuat lensa dengan film titanium oxide transparan. Dengan begitu, maka biometrik sidik jari tak bisa terlihat melalui foto. 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI