Awas! Bermain Game Terlalu Lama Bisa Sebabkan Diabetes!

Awas! Bermain Game Terlalu Lama Bisa Sebabkan Diabetes!

Ada sebuah penelitian yang cukup mengejutkan tentang bermain game. Jika seorang anak bermain game terlalu lama, atau berhadapan dengan monitor baik itu televisi ataupun komputer bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

Sedikit informasi mengenai diabetes tipe 2 ini adalah sebuah diabetes yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes ini bisa menyebabkan kegemukan atau gangguan insulin.

 

 

Menurut Claire Nightinghale selaku penulis dari penelitian tersebut mengatakan bahwa aktivitas yang dilakukan di depan layar kaca dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan penyakit tersebut. Hal ini terjadi bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi juga untuk orang dewasa.

Penelitian serupa sebenarnya sudah pernah dilakukan dan menghasilkan hasil yang sama dengan yang dilakukan oleh Nightinghale. Seperti yang dilansir melalui laman The Verge, (14/3/2017), Nightinghale melakukan penelitian ini dengan menganalisa data dari sekitar 4500 anak dengan usia 9 hingga 10 tahun. Mereka berasal dari 200 sekolah yang berada di London, Birmingham, dan Leicester. 

 

 

Setiap anak diminta untuk mengisi kuisioner tentang berapa lama mereka bermain game sehari. Dan dari sini didapatkan hasil dimana anak-anak yang bermain game dalam kurun waktu lebih dari 3 jam per hari ternyata memiliki resistensi insulin 11 persen lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang hanya main game selama 1 jam saja. Tingginya persentase resistensi insulin adalah sebuah alasan dimana orang akan mudah terkena diabetes tipe 2.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI