logo

PUBG Corp Resmi Gugat Knives Out & Rules of Survival

root
Rabu 04 Juli 2018, 00:00 WIB
Indogamers (FOTO: Indogamers)

Indogamers (FOTO: Indogamers)

 

NetEase, sebuah perusahaan asal Tiongkok yang berada di belakang mobile game Knives Out dan Rules of Survival telah digugat oleh PUBG Corp atas tindakan pelanggaran hak cipta dan plagiat. 

Gugatan resmi telah dilayangkan kepada Pengadilan di California Utara, yang menuntut agar NetEase menarik kedua game tersebut dari App Store dan berhenti mengembangkan keduanya. 

 

Gameplay dari PUBG Mobile


Dalam gugatan tersebut, PUBG Corp menggaris bawahi beberapa elemen tertentu pada kedua game dan kemiripan mereka akan beberapa elemen yang sudah lebih dulu dipopulerkan oleh PUBG. Kemiripan tersebut diindikasikan mulai dari garis besar mekanisme battle royale, seperti luas area permainan yang semakin menyempit, terjun payung dari udara saat permainan dimulai, jumlah pemain yang mencapai 100 orang, dan pilihan dari perlengkapan-perlengkapan karakter. 

Dalam hal map serta User Interface (UI) seperti letak kompas, loot UI, dan beberapa desain gedung dalam PUBG juga ikut digaris bawahi dalam beberapa screenshot yang disertakan PUBG Corp yang dianggap termasuk sebagai pelanggaran. 

Tak hanya sampai di situ, gugatan tersebut juga menelaah lagi lebih detail dan mendalam. Seperti kemiripan pada penggunaan peralatan masak sebagai senjata, kotak suplai yang dijatuhkan dari udara, dan bahkan kalimat pada event winner winner chicken dinner. Hal-hal tersebut diklaim digunakan dan dipopulerkan pertama kali oleh PUBG. 

 

Gameplay dari Rules of Survival


Selain plagiat, ada hal lain yang juga membuat pihak PUBG Corp gerah. Sang pengembang PUBG tersebut juga menyertakan beberapa screenshot halaman hasil pencarian YouTube yang menunjukkan bahwa Knives Out dan Rules of Survival direferensikan sebagai versi mobile dari PUBG. Kedua game memang mengalahkan PUBG pada pasar mobile, dan PUBG Corp menuduh NetEase tanpa malu-malu menggunakan fakta tersebut sebagai konsep untuk menyesatkan konsumen agar menganggap kedua game NetEase sebagai versi mobile resmi dari PUBG. 

Memang jika kita mencoba menuliskan PUBG mobile pada kolom pencarian App Store, akan muncul Knives Out dan Rules of Survival, dan juga Fornite, baru kemudian PUBG mobile yang benar-benar resmi. 

 

Gameplay dari Knives Out


PUBG Corp menyatakan bahwa mereka telah mengirim komplain pada Apple pada tanggal 24 Januari tahun ini, yang kemudia diteruskan oleh Apple ke NetEase. Respon dari NetEase adalah "Menolak anggapan bahwa Rules of Survival dan Knives Out melanggar hak cipta PUBG Corporation."

Balasan dari pihak PUBG Corp cukup jelas. "Begitu terlihat bahwa NetEase tidak berniat mengakui hak cipta intelektual kami, PUBG pun mengambil kesimpulan bahwa mengambil tindakan legal melalui jalur hukum diperlukan untuk mempertahankan hak cipta mereka," sebuah kutip dari gugatan yang dilayangkan PUBG Corp. 

Kasus ini mungkin merupakan pertama kalinya PUBG Corp membawa kompetitornya ke meja hijau, namun tentunya kasus ini bukan pertama kalinya publik mengekspresikan ketidak setujuan mereka akan game-game lain yang menjiplak atau "meminjam" berbagai elemen dari PUBG. PUBG Corp sebelumnya telah mempertimbangkan untuk membawa Epic Games ke meja hijau karena Battle Royale Mode dari Fortnite yang juga mirip dengan konsep permainan PUBG. 

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
Guides04 Mei 2024, 18:42 WIB

5 Tips Menggunakan Vexana, Hero Mage Overpower di Mobile Legends Season 32

Sebagai seorang midlaner, kemampuan Vexana yang dinilai overpowered (OP) menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain.
5 Tips Menggunakan Vexana Mobile Legends, Hero Mage Overpower di Season 32(Sumber: Twitter.com/@Txtmlbb)
Guides04 Mei 2024, 17:13 WIB

Panduan Build Saber Terbaik dan Tersakit di Mobile Legends Season 32, Cocok Kalau Kamu Pakai di Mode Rank!

Meskipun hero Assassin termasuk yang sulit dikuasai, ada beberapa hero yang mudah dimainkan tetapi tetap bisa menjadi mematikan dalam pertandingan. Saber salah satunya.
Panduan Build Saber Terbaik dan Tersakit di Mobile Legends Season 32, Cocok Kalau Kamu Pakai di Mode Rank! (FOTO: Mobile Legends)
Mobile04 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Hero Mobile Legends Paling Tampan, Hero Favorit Kamu ada yang Masuk Daftar?

Dari sekian banyak hero yang ada di Mobile Legends, beberapa di antaranya menonjol karena penampilan mereka yang tampan.
7 Hero Mobile Legends Paling Tampan, Hero Favorit Kamu ada yang Masuk Daftar? (FOTO: Mobile Legends)
Infografis04 Mei 2024, 15:32 WIB

Auto Win! Begini Build Harith versi BTR EMANN

Harith saat ini menjadi hero yang sedang naik daun di skema Mobile Legends. BTR EMANN merupakan salah satu player yang sukses memaksimalkan hero lincah ini
Auto Win! Begini Build Harith versi BTR EMANN (FOTO: Schnix)
Console04 Mei 2024, 15:31 WIB

Kabar Gembira! Pemain Xbox dan Switch Dapat Uji Coba Gratis Game Star Wars

Ada kabar bagus nih buat kamu pengguna Xbox dan Switch karena tepat di peringatan Hari Star Wars yang jatuh pada 4 Mei, ada game gratis yang bisa dicobain.
Star Wars. (Sumber: PlayStation)
Console04 Mei 2024, 15:07 WIB

Resident Evil 9 akan Rilis Januari 2025, Capcom Diklaim Rahasiakan Sesuatu

Pada akhirnya setelah rumor berkembang semakin liar, Resident Evil 9 mulai menemukan titik terang.
Resident Evil. (Sumber: Resident Evil)
News04 Mei 2024, 15:02 WIB

Fallout Mendominasi Daftar Game yang paling Banyak Dimainkan di Steam Deck pada bulan April 2024

April 2024 jadi bulan yang istimewa di daftar game paling populer di Steam Deck. Ada satu franchise game yang jadi penguasa, yaitu Fallout.
Fallout (FOTO: gamespot.com)
Console04 Mei 2024, 14:37 WIB

Soal Resident Evil, Capcom Dikabarkan Sedang Siapkan Kejutan untuk Tahun Ini

Franchise Resident Evil selalu dinanti terlebih pada tahun ini yang dikabarkan bakal menjadi waktu penuh kejutan dari Capcom.
Resident Evil 9 (Sumber: Instant Gaming News) (FOTO: Instant Gaming News)
Console04 Mei 2024, 11:48 WIB

Kabar Terbaru Sebut Resident Evil 9 Kemungkinan Rilis Januari 2025! Seperti ini Detailnya

Kabar terbaru dari dunia game menyebutkan bahwa Resident Evil 9 mungkin akan segera hadir, bahkan lebih cepat dari yang kita duga.
Kabar Terbaru Sebut Resident Evil 9 Kemungkinan Rilis Januari 2025! Seperti ini Detailnya(FOTO: Tangkap Layar Youtube Podcast Now)
Guides04 Mei 2024, 10:04 WIB

Acer Kolaborasi dengan HMNS Bikin Parfum Khusus Gamers

Acer berkolaborasi dengan HMNS Parfum membuat parfum untuk para gamers di Indonesia.
Kolaborasi Acer dab HMNS Parfum khusus untuk gamers (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.