logo

Dota 2: Ancaman Boikot dari Para Caster, Host, dan Analist Tak Digubris Valve, yang Kini Resmi Melarang Kuku Tampil dalam Chongqing Major

Stefanus
Kamis 12 April 2018, 00:00 WIB
Dota 2: Ancaman Boikot dari Para Caster, Host, dan Analist Tak Digubris Valve, yang Kini Resmi Melarang Kuku Tampil dalam Chongqing Major

Dota 2: Ancaman Boikot dari Para Caster, Host, dan Analist Tak Digubris Valve, yang Kini Resmi Melarang Kuku Tampil dalam Chongqing Major

Carlo "Kuku" Palad. (Foto: PGL/YouTube)

Ancaman pembatalan turnamen vs ancaman boikot

IDGS, Selasa, 4 Desember 2018 - Developer Dota 2 akhirnya turun tangan atas kontroversi rasis yang menimpa Kuku. Meski terancam diboikot oleh banyak caster, komentator, host, serta analist kondang Dota 2 jika Kuku tak bisa berpartisipasi dalam Chongqing Major, Valve memutuskan untuk secara resmi melarang partisipasi dari Kuku dalam Chongqing Major dan juga menjatuhkan pinalti pengurangan 20% poin Dota Pro Circuit (DPC). Pernyataan Valve tersebut diposting dalam blog resmi Dota 2

Sementara TNC Predator dinilai Valve telah berkali-kali melakukan kesalahan dalam menangani situasi tersebut dan membuat situasi semakin runyam, maka dari itu dijatuhkanlah hukuman pengurangan poin DPC. 

Semua berawal ketika Carlo "Kuku" Palad, pemain profesional Dota 2 untuk tim TNC Predator, membuat komentar rasis kepada pemain China dalam sebuah public match pada November lalu, menyulut amarah dari komunitas Dota 2 Negeri Tirai Bambu. Blunder Kuku itu menyebabkan kontroversi yang meluas hingga pemerintahan lokal kota Chongqing (dan kemudian pemerintahan China juga turun tangan) memutuskan melarangnya berpartisipasi dalam Chongqing Major yang digelar Januari 2019. 

Pemain Dota 2 asal Filipina lainnya, Andrei 'skem' Ong juga terkena larangan serupa akibat melontarkan kalimat rasis dalam sebuah live-match melawan tim China di turnamen DreamHack DreamLeague Season 10 di bulan November. Namun tim skem saat itu, compLexity Gaming bertindak cepat dengan menendang skem keluar dari tim sehingga compLexity terhindar dari hukuman. Skem sendiri hampir  dipastikan tidak akan bisa berpartisipasi dalam Chongqing Major dengan tidak adanya tim yang mau ambil resiko melawan pemerintahan China dan Valve. 

Sebelum larangan resmi dari Valve dijatuhkan, event major tersebut dilaporkan terancam dibatalkan oleh pihak pemerintah China jika Kuku tetap berpartisipasi. Saat itu, baik Valve maupun organisir dari turnamen, Starladder dan ImbaTV memang belum menjatuhkan larangan kepada Kuku. Permintaan maaf Kuku di akun Twitter-nya di mana ia juga mengatakan tak ada alasan untuk mengelak dan berharap diberi kesempatan kedua kini sia-sia setelah Valve akhirnya memutuskan memihak pemerintah China dengan meresmikan larangan untuk dirinya tampil di Chongqing Major. 

Dilarangnya Kuku untuk berpartisipasi dalam Chongqing Major sebelum pengumuman Valve hari ini sempat memicu protes keras dari para caster serta analist yang meminta Valve untuk mengintervensi. Terhitung figur-figur kondang dalam komunitas Dota 2 seperti Grant 'GrandGranT' Harris, Henrik 'AdmiralBulldog' Aknberg dan David 'GoDz' Parker telah menyatakan secara publik via Twitter bahwa mereka akan memboikot Chongqing Major apabila Kuku masih tidak diperbolehkan berpartisipasi pada event tersebut. 

 

2, 2018

 

 

waiting for you to do this too huhi

— ???? ???? (@peterparkerxxi)

December"> 2, 2018

 

 

2, 2018

 

Sementara pasangan caster Owen 'ODPixel' Davies dan Jorien 'Sheever' van der Heijden tidak akan berpartisipasi dalam turnamen tersebut. ODPixel beralasan bahwa Sheever akan menjalani operasi dan dirinya ingin membantu saat masa pemulihan Sheever. 

 

2, 2018

 

Host eSports ternama Paul 'RedEye' Chaloner juga menyatakan bahwa ia akan menolak jika ditawari menggantikan Sheever sebagai host, sebagai dukungan akan aksi boikot tersebut. 

 

2, 2018

 

 

Kini dengan pernyataan resmi Valve akan larangan tampilnya Kuku di Chongqing Major, belum ada komentar baru dari figur-figur Dota 2 tersebut saat artikel ini ditulis. Apakah mereka akan melanjutkan boikot atau mengalah masih menjadi misteri. Namun hal ini berpotensi memicu masalah yang lebih besar lagi jika figur-figur di atas masih bersikeras dengan boikot mereka. 

"Para pemain dan tim akan membuat berbagai kesalahan di masa depan, dan mereka harusnya bertanggung jawab akan kesalahan-kesalahan tersebut. Kami ingin adanya kesempatan untuk belajar dari kesalahan, namun bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat tidak serta merta membuat kesalahan-kesalahan itu tidak datang tanpa hukuman," tulis Valve dalam pernyataan mereka. (Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Gadget09 Mei 2024, 06:05 WIB

Mengulik Spesifikasi dan Harga iPad Air 2024, Apa Saja Peningkatannya?

iPad Air 2024 hadir dengan desain portabel.
iPad Air 2024 (FOTO: apple.com)
Gadget09 Mei 2024, 05:32 WIB

4 HP Samsung Murah Terbaik untuk Main Mobile Legends, Ada yang 1 jutaan

Samsung tak hanya jual HP mahal.
Ilustrasi Samsung Galaxy A15 untuk bermain Mobile Legends (FOTO: youtube.com/Ictfix.net)
News08 Mei 2024, 22:20 WIB

Mengungkap Alasan Pudge Bisa Jadi Karakter Paling Populer di DOTA 2

Pudge termasuk salah satu karakter DOTA 2 yang tak pernah lepas dari sorotan pemain. Kenapa sosok berjuluk Si Butcher ini begitu populer? Simak ulasan selengkapnya.
Pudge di game Dota 2. (Sumber: ESTNN)
Gadget08 Mei 2024, 22:05 WIB

Performa Prosesor, Kualitas Layar dan Kekuatan Baterai iPad Air 2024

iPad Air 2024 ini akan hadir dengan dua varian, yaitu 11 inci dan 13 inci.
iPad Air 2024 atau iPad Air generasi keenam (FOTO: apple.com)
Guides08 Mei 2024, 21:28 WIB

5 Alasan Hero Fredrinn Masih Populer di Meta Assassin, Sering Dipakai di MPL ID Season 13!

Fredrinn merupakan salah hero Mobile Legends yang hingga saat ini masih cukup kuat berada di posisi hero jungle. Berikut sejumlah alasan mengapa hero ini disukai.
Fredrinn (FOTO: Mobile Legends)
Guides08 Mei 2024, 21:12 WIB

5 Tips Penting yang Harus Kamu Ketahui Ketika Menghadapi Fredrinn, Solusi Biar Nggak Kalah di Land of Dawn!

Sampai saat ini posisi Fredrinn di skema meta Mobile Legends, masih belum tergantikan. Hero Fighter tank ini masih dominan mengisi posisi jungler. Berikut cara mengatasi Fredrinn.
5 Tips Penting yang Harus Kamu Ketahui Ketika Menghadapi Fredrinn, Solusi Biar Nggak Kalah di Land of Dawn! (FOTO: Mobile Legends)
Guides08 Mei 2024, 21:05 WIB

Pencapaian Fenomenal Pudge di DOTA 2 Bikin Penasaran? Terungkap Latar Belakang Karakter Ini yang Mengerikan

Bagaimana sebenarnya latar dan kisah Si Tukang Jagal di game DOTA 2 ini?
Pudge di game Dota 2. (Sumber: Dota 2)
News08 Mei 2024, 20:28 WIB

Bikin Takjub! Pudge Jadi Karakter DOTA 2 Pertama yang Dimainkan Lebih dari 1 Miliar Kali

Pudge dari Dota 2 mencatatkan sejarah.
Pudge di game Dota 2. (Sumber: Dota 2)
Gadget08 Mei 2024, 20:05 WIB

Deretan Kelebihan iPad Pro 2024

iPad Pro 2024 akan dibanderol dengan harga 1.000 dollar AS atau setara dengan Rp16 juta untuk varian WiFi Only, 256GB, layar 11 inci dengan kelebihan seperti betikut.
Apple iPad Pro 2024 (FOTO: engadget.com)
Guides08 Mei 2024, 19:59 WIB

Rekomendasi Build Karina Terbaik di Mobile Legends Season 32, Jaminan Savage di Land of Dawn!

Rekomendasi build Karina Mobile Legend ini akan berfokus pada cara mengoptimalkan potensi hero dengan menawarkan rekomendasi untuk item, emblem, dan Battle Spells untuk meningkatkan permainan kamu.
Rekomendasi Build Karina Terbaik di Mobile Legends Season 32, Jaminan Savage di Land of Dawn!(FOTO: Mobile Legends)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.