Hina Teman Setim Dengan Ejekan Homofobik, Pemain Top CSGO Kena Ban Twitch

Hina Teman Setim Dengan Ejekan Homofobik, Pemain Top CSGO Kena Ban Twitch

Sudah penyakitan sejak lama

IDGS, Senin, 19 Agustus 2019 - Platform streaming video game Twitch akhirnya mem-banned pemain Counter-Strike: Global Offensive S1mple selama seminggu atas komentar hinaan homofobik atau prejudice terhadaap kaum homo seksual. 

S1mple pertama kali mengungkapkan hukuman ban tersebut lewat akun Twitternya. 

Ia melontarkan ejekan homofobik terhadap rekan satu timnya di Natus Vincere, Bloombl4 dalam sebuah pertandingan FPL pada 29 Juli. Ia berkilah itu hanyalah bercanda, namun hingga saat ini Bloombl4 masih belum menanggapi isu tersebut. Meski begitu, sekalipun memang bercanda, komentar S1mple tersebut memang melanggar aturan Twitch. 

Pemain dengan nama asli Oleksandr Kostyliev tersebut memulai karier profesionalnya sebagai pemain CSGO pada 2014 pada usia 17 tahun di mana ia bermain bagi Hellraisers dan dengan cepat meraih popularitas. Ia lalu menjadi ikon dalam durasinya bermain untuk Team Liquid pada 2016 saat membantu tim tersebut meraih posisi keempat di MLG Columbus diikuti dengan peringkat kedua di ESL One Cologne. 

 

Oleksandr "S1mple" Kostyliev. (STARLADDER)

Pencapaiannya akan terus diingat di sejarah CSGO profesional, dan double noscope from heaven yang ia lakukan saat ESL One Cologne akan selamanya tercantum dalam dinding memorial CSGO. Sayangnya meski menuai sukses, S1mple juga dipandang sebagai pemain yang bermasalah dalam komunitas CSGO karena tingkah dan komentarnya. 

Entah kenapa baru sekarang pemain itu menerima ban. Mungkin karena popularitas dan posisinya dalam dunia CSGO membantunya agar tidak tersentuh selama bertahun-tahun. Sehingga hukuman kali ini sebenarnya tidaklah mengherankan bagi komunitas. Langkah Twitch kali ini bisa jadi dipengaruhi tekanan publik setelah seringnya streamer populer pada platform itu yang melakukan aksi-aksi atau melontarkan komentar tak terpuji, seperti Alinity. 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: The Gamer

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI