Twitch Enggak Jadi Izinkan Streamer Wanita Bikin Konten Tanpa Bra

Aturan baru di Twitch. (Sumber: twitch.com)

Indogamers.com - Platform streaming Twitch yang fokus pada konten game, belakangan menjadi sorotan dunia. Musababnya, karena banyak kreator wanita yang sengaja melakukan live tanpa mengenakan bra.

Jelas saja, platform ini dianggap kurang ramah terutama bagi anak-anak karena konten yang disajikan tergolong untuk orang dewasa.

Sampai kemudian, Twitch mengumumkan kebijakan baru yang bikin kreator perempuan wajib mengenakan pakaian. Seperti apa pengumumannya? Scroll sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Valve Suntik Mati Game Counter-Strike: Global Offensive, Ketahui Dampaknya dan Reaksi Komunitas Gaming

Update terbaru

Aturan baru di Twitch. (Sumber: twitch.tv)

Diberi judul "Pembaruan pada Kebijakan Pakaian Kami," aturan baru dari Twitch tersebut menjadi pedoman komunitas yang wajib dipatuhi oleh semua konten kreator.

Disadur dari situs resmi pada Jumat, 5 Januari 2023, Twitch resmi melarang ketelanjangan tersirat saat streaming di Twitch. Pembaruan yang disampaikan adalah respons terhadap meta terbaru di Twitch di mana streamer menggunakan bilah sensor hitam atau item lain untuk menghalangi tubuh sensitif mereka.

Baca Juga: Kisah di Balik Kesuksesan Valve dan Sejarah Awal Berdirinya

"Penonton dibuat percaya bahwa streamer tersebut telanjang seluruhnya atau sebagian. Meskipun sebagian besar streamer telah memberi label pada konten ini dengan label Se*ual Thems (Tema Sek*ual) dan mengenakan pakaian di belakang objek atau di luar bingkai kamera," kata Twitch.

Menurut Twitch hal itu bisa mengganggu pengalaman pengguna yang tertipu dengan thumbnail dari para konten kreator. Lebih lanjut, konten semacam itu ditampilkan dalam direktori penelusuran kategori sehingga Twitch menyadari bahwa banyak pengguna yang sering mengunjungi halaman ini untuk menemukan konten.

"Kami juga tidak mengizinkan streamer untuk menyiratkan atau menyarankan bahwa mereka telanjang seluruhnya atau sebagian, termasuk, namun tidak terbatas pada, menutupi payudara atau alat kelamin dengan benda atau batang sensor. Kami tidak mengizinkan tampilan alat kelamin yang terlihat, meskipun tertutup. Menyiarkan anak di bawah umur yang telanjang atau setengah telanjang selalu dilarang, apa pun konteksnya," tambah Twitch.

Baca Juga: Viral Video Petugas Dishub Ditabrak Mobil, Diedit Jadi Mirip Game Racing

Platform ini menekankan bagi kreator wanita, agar menutup puting dan tidak memperlihatkan bagian bawah payudaranya.

"Belahan dada tidak dibatasi selama persyaratan cakupan ini terpenuhi dan jelas bahwa streamer mengenakan pakaian. Untuk semua pita, Anda harus menutupi area mulai dari pinggul hingga bagian bawah panggul dan bokong," tegas Twitch.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI