Penerbit Game Terancam Diblokir Kominfo, Bagaimana Nasib Mobile Legends?

Mobile Legends Bang Bang dan karyawan. (Sumber: Moonton)

Indogamers.com - Kabar mengejutkan datang dari Kominfo yang berencana memblokir game apabila berasal dari penerbit (publisher) yang tidak berbadan hukum di Indonesia.

Dalam acara Ngopi Bareng Kominfo di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta, pada Jumat (26/1/2024), pemerintah mendesak penerbit game dari luar agar mengikuti aturan yang berlaku di Tanah Air.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, Kominfo akan blokir penerbit game yang tidak berbadan hukum di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo).

Baca Juga: Jadi Daya Tawar, Kenali 11 Fitur Terbaik iOS yang Belum Ada di Android

"Kalau game sudah jadi, kan perlu publish, supaya bisa diakses, ada pembayaran top up segala macam. Misal Mobile Legends ya, nah publishernya harus ada PT Indonesia, itu sesuai aturan yang ada,” kata Semuel dikutip dari Info Publik pada Jumat, 26 Januari 2024.

Pernyataan tersebut tak pelak membuat pecinta game MLBB ketar-ketir karena bisa saja permainan paling populer itu dilenyapkan dari Tanah Air.

Akan tetapi, perlu diketahui guys bahwasanya Moonton selaku publisher game tersebut sudah memiliki kantor cabang di Indonesia sejak bulan September 2018.

Baca Juga: 5 Kelebihan Advan One PC AMD Ryzen, PC Ringkas dengan Performa Andal

Dikutip dari Metaco, kantor cabang di Indonesia memiliki tugas untuk membangun tim costumer support yang lebih baik, service yang lebih stabil, dan pengembangan IP (intellectual property) yang mereka miliki.

Sebelumnya pada bulan Juli 2018, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta Moonton untuk membuka kantor di Indonesia agar bisa lebih dekat dengan pasar lokal.

"Saya mendorong Moonton untuk membuka kantor di Indonesia dan mengembangkan karakter hero Indonesia. Moonton tadi sudah berencana memiliki kantor dan mengembangkan aktivitasnya lebih jauh di Indonesia. Saya juga mendorong karakter Indonesia lebih diperbanyak dan dikembangkan," kata mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kala itu.

Baca Juga: Menerka Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Fotografi dan Daya Baterai Huawei P70 Series

Namun belum diketahui status kantor cabang Moonton tersebut apakah sudah berbadan hukum resmi di Indonesia atau belum. Semoga sudah ya guys.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI