Mengenal Apa Itu LLaVA dari Qualcomm dan Kelebihannya untuk Smartphone Android

LLaVA, teknologi AI terbaru yang diciptakan oleh Qualcomm (FOTO: Qualcomm)

Indogamers.com - Berbicara mengenai perkembangan teknologi saat ini memang sudah sangat pesat. Hal ini terbukti dengan berkembangnya teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan di segala aspek.

Contohnya adalah teknologi AI yang baru saja diperkenalkan di ajang tahunan Mobile World Congress (WMC) 2024, yang dilaksanakan di Barcelona, Spanyol. Dalam ajang tahunan tersebut, salah satu teknologi AI yang diperkenalkan adalah Large Multimodal Model (LMM) yang bernama Large Language and Vision Assistant (LlaVA) yang diciptakan oleh perusahaan semikonduktor Qualcomm.

Dikutip dari laman Hackster, teknologi AI terbaru dari Qualcomm, Large Language and Vision Assistant (LLaVA) adalah Large Multimodal Model (LMM) dengan tujuh miliar lebih parameter yang berjalan “pada tingkat token responsif" pada perangkat dan memungkinkannya untuk merespons tidak hanya pertanyaan tertulis tetapi untuk menganalisis gambar.

LMM LLaVA yang diciptakan oleh Qualcomm ini juga dapat berjalan di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows yang ditenagai dengan prosesor Snapdragon X Elite.

Untuk smartphone Android sendiri, LMM LLaVA yang diciptakan oleh Qualcomm ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu dapat digunakan dengan teks dan gambar. Selain itu, kelebihan lain dari LMM LLaVA juga dapat berjalan di perangkat untuk meningkatkan privasi, keandalan, personalisasi, dan biaya.

Berdasarkan data yang bersumber dari Qualcomm, LMM dengan pemahaman bahasa dan pemahaman visual memungkinkan banyak kasus penggunaan, seperti mengidentifikasi dan mendiskusikan pola visual, objek, dan pemandangan yang kompleks.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI