KPAI Desak Kominfo Blokir Game yang Memuat Unsur Kekerasan

Game online. (Sumber: pixabay.com/pexels)

Indogamers.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali mengungkapkan pandangannya terkait game-game yang sering dimainkan kalangan anak-anak.

Menurut lembaga tersebut, sudah seharusnya pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap permainan video yang mengandung kekerasan hingga adegan dewasa (18+).

KPAI menilai, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) harus berani memblokir game-game yang bisa menimbulkan dampak buruk terhadap anak-anak.

Baca Juga: Deretan Smartphone Canggih yang Memiliki Fitur Circle to Search, Cari Informasi Lebih Efektif dan Inovatif

“Sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini Kominfo segera bertindak, keluarkan regulasi untuk membatasi anak-anak menggunakan game online, terutama game online yang menjurus kekerasan dan seksualitas,” kata Komisioner KPAI, Kawiyan dalam keterangannya dikutip Indogamers.com dari Nusantara TV pada Selasa, 16 April 2024.

Menurut KPAI banyak game online yang berpengaruh buruk bagi anak-anak mulai dari masalah pornografi, pembunuhan, hingga berbagai kasus kriminal lainnya.

Kominfo harus tegas, blokir atau batasi. Selain itu, peran keluarga dan sekolah juga harus ditingkatkan, orang tua harus ketat mengawasi anak-anak kita saat main game online,” tambah KPAI.

Baca Juga: Game Persona 1 dan 2 Remake Dirumorkan Segera Hadir

Bagi KPAI, dampak buruk game online juga berkaitan dengan masalah moral seperti kata-kata kasar yang dinilai tidak pantas terucap di kalangan anak-anak.

“Perusahaan game juga harus bertanggung jawab. Dampak buruknya sudah luar biasa, jadi pemerintah dan kita semua jangan anggap enteng masalah ini, ini sudah serius dan pemerintah harus mengeluarkan kebijakan khusus soal game-game online ini,” pungkasnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI