Pahami Perbandingan Layar IPS dan AMOLED, Mana yang Lebih Jempolan?

Perbandingan layar AMOLED dengan IPS mana yang lebih baik (FOTO: youtube.com/gadget alistudio)

Indogamers.com - Seperti yang kita tahu, saat ini teknologi memang tengah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk-produk gadget terbaru yang dirilis oleh berbagai pabrikan.

Gadget terbaru tersebut tentu saja menghadirkan spesifikasi yang beragam, mulai dari prosesor, kamera, hingga sektor layarnya.

Bicara soal layar gadget di saat ini, umumnya pabrikan menggunakan dua jenis layar yaitu AMOLED dan IPS.

Kedua jenis layar ini tentu saja memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Apa itu layar AMOLED?

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan hasil pengembangan dari layar OLED. Layar AMOLED ini menggunakan lampu latar seperti LCD yang setiap pikselnya menyala satu per satu, seperti dilansir dari Mpdmobileparts.

Hal ini memungkinkan warna yang dihasilkan layar AMOLED lebih cerah dan warna hitam yang lebih pekat karena tidak perlu menyalakan tiga warna atau lebih saat hanya menampilkan satu warna.

Apa itu layar IPS?

Sedangkan layar IPS (In-plane Switching) merupakan panel yang sering digunakan pada layar LCD. Layar IPS banyak digunakan pada smartphone Android maupun iOS. Namun, smartphone yang paling banyak menggunakan layar IPS adalah produk dari Apple.

Karena harga produksi panel IPS ini sangat mahal, maka kebanyakan smartphone yang menggunakan layar IPS adalah smartphone kelas menengah ke atas.

Perbandingan layar AMOLED dan IPS

Jika dibandingkan, layar AMOLED ini masih lebih baik dari layar IPS, karena memiliki warna yang lebih alami. Layar AMOLED menghasilkan warna yang lebih cerah dan memiliki rasio kontras lebih tinggi untuk warna hitam pekat.

Selain itu, layar AMOLED juga memiliki kelebihan seperti visibilitas luar ruangan yang lebih baik. Hal ini terjadi karena layar AMOLED tidak memantulkan cahaya seperti layar IPS.

Namun, Layar IPS ini mampu mereproduksi warna yang akurat, sudut pandang lebih besar, tidak ada tanda air saat disentuh, serta menghemat daya dan perlindungan lingkungan.

Layar IPS juga menawarkan masa pakai baterai lebih lama karena tidak memerlukan kecepatan refresh setinggi layar AMOLED.

Dari segi kekurangannya, Layar AMOLED cenderung memiliki kelemahan pada kemampuan. Piksel AMOLED menurun seiring waktu yang menyebabkan warna hitam menjadi keabu-abuan, bukan hitam pekat. Hal ini dikenal sebagai “Burn-in”.

Sedangkan kekurangan dari layar IPS adalah warna yang dihasilkan layar IPS masih kurang bagus dan pekat daripada layar AMOLED. Tapi urusan daya tahan dan hal lainnya, layar IPS masih lebih baik dibandingkan layar AMOLED.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI