7 Pelajaran Hidup Penting dari Game Harvest Moon, Ada Kerja Keras dan Pentingnya Relasi

Ilustrasi game Harvest Moon (FOTO: Dok.Natsume)

Indogamers.com-Sebagai salah satu game favorit dan sudah berusia 28 tahun, Harvest Moon ternyata mengandung pelajaran hidup penting yang bisa dipraktekkin dalam kehidupan.

Nilai-nilai atau pelajaran hidup dari game Harvest Moon, khususnya Harvest Moon Back To Nature juga masih sangat relevan dengan kehidupan hari ini.

Apa saja ya pelajaran hidup penting dari game Harvest Moon?.

Dikutip dari ulasan akun John Murphy di Quora, berikut adalah 7 pelajaran hidupnya:

Baca Juga: 7 Game Buatan Indonesia Terbaik di Android

1. Kerja keras

Berjuang dan bekerja keras adalah salah satu nilai kehidupan yang utama dalam game Harvest Moon. Semua dimulai dari nol.

Kebun yang berantakan dan lama tidak terawat menjadi aset warisan dari almarhum kakek dari karakter Jack di Harvest Moon back to Nature.

Jika hal ini terjadi di kehidupan nyata, maka kita pastinya membutuhkan mental dan juga niat yang kuat. Mengembalikan kejayaan sebuah peninggalan tidaklah mudah.

2. Beternak juga harus sepenuh hati

Tidak ada kamus setengah-setengah dalam game Harvest Moon. Seperti halnya dalam urusan beternak. Kamu juga harus sepenuh hati.

Untuk menghasilkan kualitas telur, susu, dan wool yang super bagus kualitasnya, kamu juga harus menyayangi dan merawat hewan ternakmu dengan baik.

Ketika kamu melakukan suatu pekerjaan dengan hati yang baik dan tulus, maka hasil pekerjaanmu akan membawa berkah untuk dirimu.

3. Pentingnya relasi

Selain kerja keras, kamu juga perlu yang namanya keberuntungan dan relasi. Relasi yang baik akan memudahkan segala urusanmu.

Mengunjungi, sering berbincang, mengingat benda kesukaan, sampai memberikan hadiah di hari ulang tahun penduduk menjadi tips yang sering dilakukan untuk menjalin relasi dengan penduduk.

Sama seperti kita di kehidupan nyata, menjalin relasi dengan orang yang tepat akan sangat memengaruhi berbagai aspek kehidupan kita. Tak jarang, kita bahkan mendapatkan hadiah tidak terduga dari relasi yang kita bina.

4. Ada target yang harus dipenuhi

Kamu hanya memiliki 500 gold sebagai modal permulaan untuk mengembangkan perkebunanmu. Dalam waktu 3 tahun jika kamu gagal, maka kamu akan diusir oleh walikota.

Sama seperti kehidupan kita, kita harus memiliki sebuah target yang realistis. Target yang memang kita mampu capai dalam rentang waktu tertentu. Hal ini akan memotivasi kita untuk semakin bersemangat menjalani hidup.

Baca Juga: 6 HP Infinix Harga Rp1 Jutaan Terbaik, Murah tapi Spek Dewa

5. Adanya life balance, keseimbangan antara kesehatan dan pekerjaan

Karakter kamu akan jatuh sakit ketika memaksakan bekerja di cuaca hujan ataupun bekerja sekeras tenaga (memacul, memotong, dan kegiatan lainnya hingga tenaga habis).

Ketika kamu sakit dan pingsan, kamu akan kehilangan waktu yang berharga untuk mengikuti event, untuk menghasilkan uang, ataupun bersosialisasi (karena kamu akan terbangun keesokan harinya).

Begitu juga kita di kehidupan ini, pekerjaan kita seringkali mengorbankan kesehatan. Ketika kita sakit, uang hasil pekerjaan akan digunakan untuk pengobatan. Keseimbangan antara pekerjaan dan kondisi kesehatan haruslah benar-benar kita perhatikan.

6. Tidak semua bisa dikerjakan sendiri

Dalam game Harvest Moon, tidak semua bisa dikejarkan sendiri. Saat awal-awal, mungkin kamu bisa mengerjakannya sendirian, karena beban pekerjaan masih sedikit.

Namun ketika pekerjaanmu sedang berkembang pesat dan naik level, kamu memerlukan bantuan orang lain.

Kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk agar perkebunan, peternakan, dan tambangmu terus menghasilkan.

Begitu juga dalam hidup, kamu pasti memerlukan bantuan orang lain saat tangan sendiri sudah tak bisa mengerjakannya

7. Mau menikah, butuh modal

Kamu tertarik dengan Popuri yang jago masak, supel, dan ramah?

Atau mungkin kamu terpesona dengan Karen yang penampilannya paling kekinian dan memiliki wajah cantik, meski tak bisa memasak?

Mungkin kamu juga suka dengan Ann, wanita dengan sedikit sifat tomboi dan wajahnya yang selalu terlihat ceria?

Marry si kutu buku (kalem dan pendiam) dan Elli si perawat yang memiliki sifat keibuan juga mungkin menggetarkan hatimu.

Semua hak kamu untuk memilihnya, tapi yang harus kamu perhatikan adalah syaratnya.

Kamu membutuhkan blue feather, sudah memperluas rumah tahap akhir, sampai memiliki 2 ranjang tidur, dan wanita yang kamu taksir juga harus berhati merah.

Baca Juga: 5 Game Buatan Indonesia Terbaru yang Curi Perhatian

Gambaran itu jelas menunjukkan bahwa untuk menikah juga butuh modal. Yang dimaksud di sini tentu modal finansial yang bisa menunjang kehidupan. Bukan sekadar modal cinta saja.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI