Apa Itu Fitur Viewers Notes di YouTube? Yuk Ketahui Fungsi Pentingnya

Ilustrasi Viewers Notes YouTube (FOTO: blog.youtube)

Indogamers.com - Youtube dikabarkan akan menghadirkan fitur baru mereka yang bernama “Viewers Notes”. Hal ini sejalan dengan komitmen dari Google yang terus berusaha untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih sehat dan informatif.

Viewers Note ini juga menjadi sebuah cara yang mungkin cukup efektif, untuk melawan misinformasi yang sering kali menyebar tanpa kontrol.

Fitur baru ini bisa dikatakan cukup mirip dengan Community Notes milik X (Twitter), seperti dikutip dari laman Sammobile.

Dengan kehadiran fitur baru Viewers Notes di YouTube ini tentu saja membuat banyak orang penasaran dengan apa sebenarnya fitur Viewers Notes dan apa fungsi dari fitur tersebut.

Baca Juga: Jarang Dipakai, Ini 2 Cara Mengaktifkan Mode Picture in Picture YouTube di MacBook

Apa itu Viewers Notes dan apa fungsi pentingnya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur baru YouTube yang bernama Viewers Notes ini merupakan fitur yang memunginkan para penggunanya untuk menambahkan catatan ke video untuk memberikan konteks dan mengklarifikasi informasi.

Fitur yang disebut "Catatan" ini akan muncul sebagai kotak kecil di bawah video dan dapat digunakan untuk menunjukkan saat video tersebut merupakan parodi, saat produk yang diulas memiliki versi yang lebih baru, atau saat rekaman lama disajikan sebagai peristiwa terkini.

Dengan adanya fitur baru ini, YouTube yakin fitur ini akan sangat berguna mengingat munculnya konten menyesatkan yang dibuat dengan AI generatif, seperti dilansir dari TimesofIndia.

Baca Juga: Cara Transkrip Video YouTube dengan Cepat dan Mudah

Sebagai informasi, fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh Google pada Juni 2024, dan sekarang sedang diuji dengan segelintir pengguna terpilih.

Jadi, jika kalian menggunakan smartphone atau tablet, ada kemungkinan kalian sudah bisa mencoba fitur ini.

Google berencana untuk memperluas fitur ini ke lebih banyak platform jika uji coba awal terbukti sukses.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Console

7 Game PC Bertema Star Wars di Steam Selasa 13 Agustus 2024, 19:34 WIB