6 Resiko Download dari Website Download Game PC Bajakan, Bahaya Mengintai. Tinggalkan Sebelum Terlambat

Ilustrasi Website Download Game PC Bajakan (Foto: YouTube/Lentera Islam)

Indogamers.com - Jalan pintas download dari website download game PC bajakan dipenuhi dengan banyak resiko yang mungkin saja mengintai dan menjadi ancaman.

Sebagai gamer, download dari website download game PC bajakan adalah tindakan yang ceroboh dan memalukan serta mengindikasikan tidak ada dukungan pada industri game.

Bahaya download dari website game PC bajakan ini bisa saja malah merusak PC dan mengakibatkan kerugian lainnya.

Baca Juga: Sekilas The Last of Us, Hadir di PC Setelah Bertahun-tahun Eksklusif di PlayStation

Download game PC bajakan mungkin tampak seperti cara yang menggoda untuk mendapatkan game terbaru tanpa mengeluarkan uang. Namun, tindakan ini sebenarnya penuh dengan risiko serius yang dapat merugikan.

Kerugian tersebut bisa berbentuk kerugian secara finansial, hukum, dan bahkan kerugian pribadi yang awalnya bisa saja tidak kamu sadari.

Berikut beberapa risiko utama yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendownload game PC dari situs web ilegal.

Baca Juga: Tips Mancing dan Lokasi Palm Lumber di Harvest Moon: Home Sweet Home

1. Serangan Malware dan Virus

Salah satu risiko terbesar dari mendownload game bajakan adalah kemungkinan mengunduh malware atau virus bersamaan dengan file game.

Banyak situs web yang menawarkan game bajakan mengemas file instalasi dengan perangkat lunak berbahaya, seperti Trojan, ransomware, atau spyware.

Malware dapat merusak atau menghapus data penting di komputer sedangkan Spyware dapat mencuri informasi pribadi seperti password, nomor kartu kredit, dan informasi sensitif lainnya.

Baca Juga: Kontroversi Emuparadise, Surganya Penggemar Game Retro. Konflik dengan Perusahaan Game

Selain itu beberapa jenis malware memungkinkan peretas untuk mengambil alih komputer dan menggunakannya untuk aktivitas ilegal.

2. Masalah Hukum

Mendownload dan menggunakan game bajakan adalah pelanggaran hukum hak cipta di banyak negara. Hal ini dapat mengakibatkan tindakan hukum, terutama jika perusahaan pemilik hak cipta memutuskan untuk mengejar pelanggaran tersebut.

Kamu bisa dikenai denda yang besar atau bahkan menghadapi hukuman penjara jika terbukti bersalah.Di beberapa negara, penyedia layanan internet (ISP) dapat memblokir akses jika kamu terbukti mendownload konten bajakan.

Baca Juga: Siap Hadirkan Talenta Esports Berkualitas Samsung Galaxy Gaming Academy 2024 Gaet Zeys Sebagai Coach

3. Kualitas Game yang Buruk

Game bajakan sering kali dimodifikasi oleh pihak ketiga, yang bisa menyebabkan berbagai masalah teknis seperti crash, bug, atau fitur yang tidak berfungsi.

Game mungkin tidak berjalan sebagaimana mestinya atau memiliki kualitas grafis dan audio yang buruk. Jika mengalami masalah dengan game bajakan, kamu tidak akan mendapatkan dukungan teknis resmi dari pengembang atau penerbit game.

4. Tidak Ada Update atau Patch

Game PC sering kali memerlukan update atau patch untuk memperbaiki bug, meningkatkan performa, atau menambahkan konten baru. Game bajakan biasanya tidak dapat menerima update ini.

Baca Juga: 10 Karakter Game Tercantik Sepanjang Sejarah. Dari Lara Croft hingga Kasumi, Siapa Idolamu?

Tanpa update, game mungkin menjadi tidak stabil dan sulit dimainkan. Selain itu kamu juga akan kehilangan akses pada konten baru yang mungkin ditambahkan melalui patch atau DLC (Downloadable Content).

5. Kehilangan Fitur Online dan Multiplayer

Banyak game PC modern menawarkan fitur online atau multiplayer yang hanya bisa diakses dengan game asli. Game bajakan sering kali tidak bisa terhubung ke server resmi atau menggunakan fitur online tersebut.

Kamu tidak akan bisa bermain dengan teman atau menikmati fitur multiplayer. Kamu juga akan kehilangan kesempatan untuk bergabung dengan komunitas pemain resmi, mengikuti event, atau mendapatkan hadiah dalam game.

Baca Juga: Sempat Tembus hingga 7 Juta Pemain, Sekuel Lies of P akan Jadi Open World

6. Merugikan Pengembang Game

Dengan mendownload game bajakan, kamu jelas-jelas tidak mendukung pengembang yang telah bekerja keras untuk menciptakan game tersebut. Hal ini dapat berdampak negatif pada industri game secara keseluruhan.

Kurangnya pendapatan bagi pengembang game dapat menyebabkan penurunan kualitas game di masa depan. Apalagi pengembang independen (indie) yang mengandalkan penjualan game mungkin harus menghentikan proyek mereka jika tidak ada cukup dukungan finansial.

Bagaimana Hukum Menggunakan Software Aplikasi Bajakan?

Ustadz DR Khalid Basalamah dalam kajian yang disiarkan melalui kanal YouTube Lentera Islam ditanya oleh jamaah tentang penggunaan software bajakan apakah merupakan sebuah bentuk kezaliman, meskipun yang didownload adalah ebook agama.

Dalam kajian tersebut Ustadz Khalid Basalamah mengatakan untuk meninggalkan kebiasan menggunakan software bajakan.

"Jika Anda belum mampu untuk membeli yang asli, jangan paksakan diri. Jalanlah sesuai dengan kemampuan yang ada. Mengapa harus memulai sesuatu yang haram hanya demi mendapatkan pendapatan halal di masa depan? Hal ini sama dengan memulai rumah tangga dengan zina, pastinya akan berakhir dengan masalah karena dosa yang belum dibersihkan. Jika Anda memulai usaha dengan bajakan, bersiaplah untuk konsekuensinya. Jangan heran jika nanti ada pegawai yang menipu, keluar masuk, atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," terang Ustadz Khalid Basalamah.

Baca Juga: Game Baru Ini Diklaim Bakal Saingi Black Myth: Wukong, Simak Selengkapnya di Sini!

"Tinggalkanlah apa yang tidak Anda sukai jika dilakukan kepada diri Anda sendiri. Bayangkan jika Anda berada di posisi orang yang dibajak, Anda pasti tidak mau, bukan? Jadi, jangan lakukan kepada orang lain. Jangan paksakan diri untuk mendapatkan sesuatu di luar kapasitas Anda," tambahnya.

Dukungan untuk Pengembang Game

Sebagai gamer sejati, jangan download dari website game PC bajakan karena memiliki banyak resiko dan bahaya selain juga merugikan pengembang game.

Dengan mendukung pengembang game secara legal, kamu juga ikut berkontribusi pada perkembangan industri game yang lebih sehat dan lebih kreatif.

Jadi, pikirkan dua kali sebelum mendownload game dari sumber yang tidak resmi, dan pilihlah untuk mendukung pengembang dengan cara yang sah.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

News

7 Game Tower Defense Terbaik di Roblox Selasa 27 Agustus 2024, 18:24 WIB