Black Myth: Wukong Belum Ada di Xbox karena Eksklusivitas PlayStation, Benarkah?

Black Myth: Wukong (FOTO: GameScience)

Indogamers.com - Dirilis pada 19 Agustus 2024, Black Myth: Wukong telah sukses menggebrak industri game dengan segudang pencapaian yang membanggakan. Terlebih lagi di PlayStation, judul ini bahkan sampai mendongkrak penjualan PS5 di China.

Tapi eh tapi, menjadi sebuah tanda tanya besar mengapa game ini belum kunjung datang ke Xbox yang notabene menjadi platform tujuan dari pengembang Game Science.

Kebanyakan orang tahunya bahwa Game Science menunda Black Myth: Wukong di Xbox karena adanya masalah pengoptimalan. Seperti yang disampaikan leaker terkenal eXtas1s, ia menyebut bahwa masalah teknis telah menyebabkan penundaan game tersebut.

Baca Juga: Honkai: Star Rail Versi 2.5 dan 2.6: Daftar Karakter Baru yang Dinantikan

Disadur dari Gamingbolt pada Jumat, 30 Agustus 2024, masalah utamanya ada pada kebocoran memori perangkat keras Xbox meski banyak pihak yang sedikit meragukan klaim ini.

Sebab menurut laporan terbaru dari Forbes dan IGN, disebutkan bahwa Black Myth: Wukong melewatkan Xbox Series X/S saat peluncuran karena masalah kesepakatan eksklusivitas antara Sony dan Game Science.

Dengan kata lain, judul ini memang dibuat untuk konsol PlayStation secara eksklusif saat diluncurkan. Di lain pihak, Microsoft sebagai pembuat Xbox mengatakan bahwa sebenarnya mereka sudah berusaha untuk bekerja sama dengan Game Science.

Baca Juga: 16 Game PC Terbaru September 2024, Salah Satunya Final Fantasy 16

Microsoft sangat ingin menghadirkan game tersebut ke platformnya namun Game Science mengaku tidak dapat mengomentari kesepakatan yang dibuat dengan pemegang platform lain.

Namun layaknya perjanjian eksklusivitas, biasanya akan ada batas waktu yang mengikat sehingga bisa kita lihat nanti seberapa lama game itu akan hadir ke Xbox.

Menariknya, kesepakatan tersebut hingga kini belu dipublikasikan dan malah Game Science seakan menunjukkan bahwa rilis game tersebut di Xbox telah ditunda karena masalah teknis.

Baca Juga: Peta Original Verdansk Dikonfirmasi Comeback ke Call of Duty Warzone

Buat yang penasaran dengan Black Myth: Wukong, game ini sekarang sudah tersedia di PS5 dan PC dan dilaporkan mampu terjual hingga lebih dari 10 juta unit.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI