Developer Game Until Dawn Remake Akui Ada PHK Besar di Studio Mereka

Until Dawn (FOTO: YouTube: PlayStation Eropa)

Indogamers.com - Deveoper game Until Dawn Remake, Ballistic Moon, mengakui adanya PHK signifikan di studionya usai beberapa anggota mengumumkan undur diri pada awal September 2024.

Seperti dilaporkan IGN Sea pada Kamis (5/9/2024) petang, Ballistic Moon bilang bahwa mereka "sangat menyesal" atas PHK yang mempengaruhi setidaknya 11 anggota staf, meski jumlah pastinya belum jelas.

"Dengan penyesalan mendalam, kami harus bikin keputusan sulit untuk mengurangi tim kami demi masa depan studio," kata Ballistic Moon.

"Keputusan ini diambil usai pengembangan Until Dawn untuk PS5 dan PC."

Mereka menambahkan, "Selamat tinggal kepada sekelompok orang berbakat dan penuh semangat. Ini sangat sulit, dan kami sangat menyesal atas dampak restrukturisasi pada karyawan kami dan keluarga mereka."

Baca Juga: Lagi Tren PHK, Apa Alasan Utama Capcom Beri Kenaikan Gaji Fantastis Pegawainya?

Until Dawn. (Sumber: PlayStation Blog)

Laporan awal menyebut setidaknya dua anggota staf mengumumkan pengunduran diri mereka di LinkedIn, tetapi kini sudah ada 11 orang pengembang Ballistic Moon yang menyatakan mereka terkena PHK.

Belum jelas berapa jumlah pasti staf yang terdampak, atau apakah lebih dari 11 orang, tetapi IGN belum mendapat jawaban dari Ballistic Moon.

"Sama seperti banyak orang lain di industri yang indah tapi penuh gejolak ini, saya harus menerima kenyataan bahwa peran saya sudah dihapus," kata desainer game junior Cassy Cornish via posting LinkedIn.

"Sayangnya, posisi saya di Ballistic Moon telah dihapus, jadi saya sekarang mencari peluang baru," kata programmer game Stuart Campbell dalam posting lainnya.

Baca Juga: Mengapa Badai PHK di Industri Game Terus Berlanjut?

Ilustrasi PHK massal. (Sumber: Mondo)

Selama dua tahun terakhir, PHK di industri video game kian sering terjadi.

Perusahaan besar seperti Microsoft, Sony, dan Embracer Group telah memberhentikan karyawan dan menutup studio mereka.

Microsoft menutup pengembang Redfall, Arkane Austin, bersama pengembang Hi-Fi Rush dan Ghostwire Tokyo, Tango Game pada Mei 2024.

Embracer Group menutup developer game Saints Row, Volition, pada 2023, sementara Sony menutup London Studio pada Maret 2024 di tengah PHK 900 staf di PlayStation.

Perusahaan game Tiongkok, NetEase, juga dilaporkan telah mem-PHK sebagian besar staf di pengembang Visions of Mana, Ouka Studios, dengan rencana penutupan total.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI