Esports Resmi Jadi Cabor PON, Menpora Sebut Venue Cabor Esports PON XXI 2024 Aceh-Sumut Jadi Venue Terbaik

Kontingen Cabang Olahraga Esports PON XXI 2024 Aceh-Sumut (Foto: PB ESI)

Indogamers.com - Pertama dalam sejarah olahraga nasional, esports menjadi cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan secara resmi di Pekan Olahraga Nasional (PON) setelah sebelumnya pada PON XX di Papua esports mengawali kehadirannya sebagai cabor ekshibisi.

Diselenggarakan secara meriah dengan mengusung konsep sportainment, serta menyuguhkan paduan teknologi audio-visual dengan nuansa sporty, digital, dan budaya Indonesia, seremoni pembukaan cabor esports di Medan International Convention Center mendapat apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Pada kesempatan tersebut, Menpora menyebut venue esports sebagai salah satu venue terbaik di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, serta mengapresiasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sebagai induk organisasi cabang olahraga yang terbukti kompetensinya dalam mendukung pengembangan prestasi esports Indonesia secara visioner. Torehan prestasi-prestasi gemilang esports Indonesia di pentas esports dunia menjadi bukti nyata kompetensi tersebut.

Baca Juga: Yuk Dukung Daerahmu, 7 Game Esports Ini Dipertandingkan di PON 2024

"Selain menjaring talenta-talenta potensial dari berbagai penjuru tanah-air yang diharapkan dapat meneruskan kegemilangan bagi prestasi esports Indonesia di kejuaraan antarbangsa, serta menguatkan dampak positif esports terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif dan lintas industri, cabor esports PON XXI 2024 yang berlangsung di Medan ini diharapkan menjadi salah satu rangkaian persiapan yang efektif bagi Indonesia menuju terselenggaranya Olimpiade Esports pertama yang akan digelar pada 2025," ujar Menpora.

Sementara itu, Ketua Harian PB ESI Komisaris Jenderal Polisi (P) Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., dalam sambutan pembukanya menegaskan pentingnya semua pihak untuk terus memberikan dukungan kepada gim-gim lokal karya anak bangsa agar perkembangannya kian menguat, tidak hanya di tingkat nasional namun juga internasional, sejajar dengan gim-gim kelas dunia lainnya.

“Terdapat dua gim lokal yang dipertandingkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut ini. Salah satu gim, yaitu Lokapala, menjadi gim resmi yang merebutkan medali PON, sementara satu gim lokal lainnya, Battle of Guardians (BOG) pada PON kali ini masih dipertandingkan di nomor ekshibisi,” tutur Ketua Harian PB ESI.

Baca Juga: Jadwal MPL ID Season 14 Week 6, Sabtu, 14 September 2024: Penghakiman Evos

Ketua Harian PB ESI menambahkan, “Selain menjadi representasi inovasi anak bangsa, kedua gim lokal tersebut mengusung nilai-nilai Keindonesiaan yang akan sangat berperan positif dalam mengenalkan identitas Indonesia ketika gim-gim tersebut berhasil mendunia. Kehadiran gim-gim lokal di PON menjadi penegasan komitmen kami dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi mereka untuk terus berkembang dan mendunia.”

Pertandingkan 7 (tujuh) Nomor Gim, Termasuk 2 (dua) Nomor Ekshibisi PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara, cabor esports mempertandingkan 7 (tujuh) nomor gim. Lima nomor gim yang menyediakan medali resmi PON adalah Mobile Legends: Bang- Bang (MLBB), PUBG Mobile, Free Fire, eFootball, dan gim lokal Lokapala. Sedangkan di nomor ekshibisi, terdapat satu gim lokal Battle of Guardians (BOG) dan gim yang tengah naik daun, Honor of Kings (HOK).

Babak utama cabor esports PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara diikuti oleh perwakilan dari 24 Provinsi yang terdiri dari 260 atlet dan 52 kontingen esports serta 16 atlet dan 6 kontingen mengikuti babak ekshibisi. Cabor esports PON XXI 2024 Aceh-Sumut berlangsung dari 13 September hingga 19 September 2024.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

News

Apa Itu Pager dan Mengapa Bisa Meledak? Rabu 18 September 2024, 12:30 WIB