Embracer Dipastikan Batal Menjual 4A Games dan Zen Studios

Embracer Group. (Sumber: Embracer)

Indogamers.com - Embracer telah mengumumkan bahwa rencana penjualan 4A Games, pengembang seri Metro, dan Zen Studios, pengembang permainan Pinball telah dibatalkan.

Kedua studio tersebut sebelumnya dipertimbangkan untuk dijual sebagai bagian dari kesepakatan divisi Sabre Interactive senilai $247 juta kepada sekelompok investor swasta. Namun, pada hari Jumat, Embracer mengonfirmasi bahwa transaksi tersebut telah diselesaikan tanpa memasukkan 4A Games dan Zen Studios.

Sebagai hasilnya, kedua pengembang ini tetap berada di bawah naungan Embracer. 4A Games sendiri diketahui sedang mengerjakan dua judul AAA menurut pihak Embracer.

Baca Juga: Cara Membuat Lobi di Chained Together Agar Bisa Bermain Bersama Teman

"Kami sangat puas dengan penyelesaian transaksi ini dan senang melihat tim-tim hebat dari 4A Games dan Zen Studios tetap berada di dalam grup Embracer," ujar CEO Embracer, Lars Wingefors disadur dari VGC pada Minggu, 15 September 2024.

"Mereka akan menjadi bagian penting dari perjalanan kami ke depan. 4A Games saat ini memiliki dua judul AAA dalam pengembangan, dan kami tidak sabar untuk mengumumkannya."

Wingefors juga menyampaikan apresiasinya kepada pendiri Sabre Interactive, Matthew Karch, atas kontribusinya selama bertahun-tahun. Ia juga mengucapkan selamat kepada tim Sabre atas peluncuran Warhammer 40.000: Space Marine 2, yang sukses dan diperkirakan akan menjadi landasan awal bagi struktur baru mereka.

Baca Juga: Dragon Quest 3 HD-2D Remake Siap Beri Kejutan Bulan November 2024

Dalam beberapa tahun terakhir, Embracer telah melakukan ekspansi besar melalui berbagai merger dan akuisisi. Namun, pada Mei lalu, perusahaan menghadapi kegagalan kesepakatan senilai 2 miliar dollar di saat-saat terakhir, yang memaksa Embracer untuk menjalankan program restrukturisasi. Program ini melibatkan penutupan beberapa studio dan pembatalan sejumlah proyek.

Restrukturisasi ini, yang kini telah selesai, mengakibatkan hampir 1.400 pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pembatalan 29 game yang belum diumumkan selama paruh pertama tahun 2023.

Sebagai bagian dari restrukturisasi ini, Embracer juga menutup pengembang Saints Row, Volition, serta studio TimeSplitters, Free Radical Design. Selain itu, studio Gearbox yang membuat Dorderlans dan Sabre Interactive dijual ke pihak lain.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI