Black Myth: Wukong Raup Laba Rp18 Triliun usai Terjual 20 Juta Kopi di PC dan PS5

Black Myth: Wukong, salah satu game terbaru terbaik PS5. (FOTO: playstation.com)

Indogamers.com - Black Myth: Wukong dilaporkan telah terjual lebih dari 20 juta kopi di PC dan PS5 dengan laba mencapai sRp18 triliun.

Game RPG aksi besutan Game Science ini dijual seharga 60 dolar AS (Rp900.000) per kopi dan langsung balik modal beberapa minggu setelah rilis, demikian Games Radar melaporkan, Jumat (11/10/2024).

Merujuk laporan Administrasi Pajak Provinsi Zhejiang, China, anggaran pengembangan game Black Myth: Wukong sekitar 300 juta Yuan atau setara 42,3 juta dolar AS (Rp645 miliar).

Angka ini lebih rendah dari warta Bloomberg yang menyebut biaya produksi mencapai 70 juta dolar (Rp1,05 triliun).

Namun, rincian biaya produksi sebenarnya masih belum jelas, sebab faktor lain seperti gaji staf, hardware, marketing, dan distribusi disebut bisa memengaruhi angka tersebut.

Baca Juga: 3 Fakta Terbaru Game Black Myth: Wukong, Bikin Lonjakan Wisatawan di China

Game Black Myth: Wukong

"Black Myth: Wukong jadi salah satu game dengan penjualan tercepat sepanjang masa," sebut Games Radar, usai judul ini laku 10 juta kopi dalam rentang kurang dari seminggu.

Game Black Myth: Wukong juga mencatat angka waktu bermain rata-rata 27 jam per gamer.

Meski tingkat kesulitannya tinggi, banyak pemain betah berlama-lama menguji skill mereka.

Capaian ini menempatkan Black Myth: Wukong setara dengan game AAA hits lainnya, seperti Horizon Forbidden West dan The Last of Us Part 2, di mana biaya pengembangannya juga lebih dari 200 juta dolar AS (Rp3 triliun).

Baca Juga: Game Black Myth: Wukong Bajakan Sebarkan Malware Berbahaya, Banyak Gamer Tertipu

Game Science dianggap berhasil menarik perhatian global meski biaya tenaga kerja di China secara umum lebih rendah dibanding negara-negara Barat.

Seperti dektahui, Amerika Serikat dan Belanda dikenal sebagai rumah bagi developer game populer seperti Naughty Dog dan Guerrilla Games.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI