miHoYo Umumkan Peningkatan Kemampuan Zhongli dan Perombakan Elemen Geo di Genshin Impact

null

Zhongli, karakter jelmaan Geo Archon dalam Genshin Impact bikin gaduh komunitas pemainnya karena dianggap terlalu lemah dan tidak melambangkan seorang dewa perang seperti pada lore-nya. Akhirnya miHoYo pun turun tangan dan berinisiatif menge-buff Zhongli!

IDGS, Minggu, 20 Desember 2020 - Seperti yang sudah Indogamers bahas sebelumnya, karakter Zhongli terbilang sangat kontroversi. Dari segi lore maupun rarity, desain kemampuannya terlalu condong ke support dan itupun masih dianggap tidak terlalu bagus dibandingkan jelmaan sesama Archon lain, yakni Venti (jelmaan Anemo Archon, Barbatos).

Mulai dari segi regenerasi energi, damage yang dihasilkan, serta bentuk support yang ia berikan kepada rekan-rekannya, karakter Zhongli memang kurang bagus jika kita membandingkan dengan cost yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Terlebih, potensinya sebagai full support juga baru bisa diakses lewat konstelasi, yang berarti seorang Traveler harus mendapatkan lebih dari 1 Zhongli untuk membuka konstelasi. Sangat tidak sebanding dengan apa yang ia tawarkan.

 

Sebagai karakter ★5 edisi terbatas, Zhongli dianggap terlalu lemah oleh banyak pemain. (miHoYo) 

Maka tidak heran apabila komunitas Genshin Impact sampai terpecah jadi dua karena Zhongli, di mana yang satu membela Zhongli habis-habisan, sedangkan yang satunya lagi menuduh miHoYo terlalu mata duitan dengan merilis karakter "ampas" seperti Zhongli dengan desain karakter dan lore yang sudah bagus membuat banyak pemain mengharapkannya.

Meski miHoYo sempat mencoba meredakan segala kontroversi yang muncul akibat Zhongli dengan menegaskan bahwa Zhongli adalah karakter support dalam pertarungan, banyak Traveler yang masih tidak terima dan merasa rugi telah menghabiskan primogem mereka demi mendapatkan Zhongli.

Akhirnya setelah kurang lebih hampir sebulan sejak dirilis, miHoYo mengungkapkan rencana mereka untuk meningkatkan kemampuan Zhongli di update 1.3 kelak. Tak hanya itu, miHoYo juga me-revamp mekanisme elemen Geo yang selama ini dianggap sebagai elemen terlemah, seolah hanya demi mengakomodasi Zhongli meski karakter-karakter Geo lainnya juga menerima benefit dari perombakan tersebut. Seperti apa perombakan terhadap Zhongli dan elemen Geo?

Zhongli Revamp

(miHoYo)

1. Penyesuaian talenta pasif "Dominance of Earth"

Sebelum:

  • Meningkatkan DMG Planet Befall sejumlah 33% dari Max HP Zhongli.

Sesudah revamp:

  • Meningkatkan DMG yang dihasilkan Zhongli melalui Normal Attack, Charged Attack, dan Plunging Attack sebesar 1,39% dari Max HP Zhongli

Bonus DMG untuk normal, charged, dan plungin attack Zhongli. Kiri: Sesudah revamp; Kanan: Sebelum Revamp. (miHoYo)

  • DMG dari Stone Stele, Resonance, dan mode tahan dari Dominius Lapidis ditingkatkan sebesar 1.9% dari Max HP Zhongli.

Damage dari Geo Resonance dari mode tahan Dominus Lapidis meningkat sebesar 1.9% dari Max Hp Zhongli. Kiri: Sesudah revamp; Kanan: Sebelum Revamp. (miHoYo)

  • Meningkatkan DMG Planet Befall sejumlah 33% dari Max HP Zhongli.

 

2. Penyesuaian terhadap mode tahan dari "Dominus Lapidis"

Sebelum:

  • Menyebabkan energi Geo di sekitar meledak, menimbulkan beberapa efek seperti-
  • Menciptakan perisai yang memiliki daya serap DMG berdasarkan Max HP Zhongli dan memiliki daya serap 250% terhadap Geo DMG
  • Menyebabkan AoE Geo DMG; Jika ada target berelemen Geo di sekitar, menyerap energi Geo dari maksimal 2 target, efek ini tidak menyebabkan DMG.

Sesudah revamp:

  • Menyebabkan energi Geo di sekitar meledak, menimbulkan beberapa efek seperti-
  • Jika jumlah maksimum Stone Stele belum tercapai, menciptakan satu Stone Stele.

Jika jumlah maksimum Stone Stele belum tercapai, menciptakan satu Stone Stele. Kiri: Sesudah revamp; Kanan: Sebelum Revamp. (miHoYo)

  • Menciptakan perisai yang dapat menyerap DMG berdasarkan Max HP Zhongli, perisai memiliki daya serap 150% Physical DMG dan Elemental DMG.
  • Menyebabkan AoE Geo DMG; Jika ada target berelemen Geo di sekitar, menyerap energi Geo dari maksimal 2 target, efek ini tidak menyebabkan DMG.
  • Meningkatkan resistensi Zhongli terhadap interupsi ketika meng-cast mode tahan Dominus Lapidis.

Meningkatkan resistensi Zhongli terhadap interupsi ketika meng-cast mode tahan Dominus Lapidis. Kiri: Sesudah revamp; Kanan: Sebelum Revamp. (miHoYo)

 

Geo Element Revamp

1. Penyesuaian terhadap Resonansi Geo "Enduring Rock" (didapat dengan memasang 2 karakter Geo dalam party yang sama)

Sebelum:

  • Meningkatkan resistensi terhadap interupsi
  • Ketika suatu karakter dilindungi perisai, meningkatkan Attack DMG sebesar 15%.

Sesudah revamp:

  • Meningkatkan kekuatan perisai sebesar 15%
  • Karakter yang dilindungi perisai mendapatkan peningkatan DMG yang dihasilkan sebesar 15%, memberi DMG kepada lawan akan menurunkan resistensi Geo lawan tersebut sebesar 20% selama 15 detik.

2. Penyesuaian terhadap perisai Geo

Perisai Geo mendapat penyesuaian dari sebelumnya "memiliki daya serap 250% terhadap Geo DMG" menjadi "memiliki daya serap 150% terhadap physical DMG dan Elemental DMG".

Perisai-perisai yang terpengaruh oleh perubahan ini adalah:

  • Perisai Geo yang tercipta oleh Elemental Skill Zhongli
  • Perisai Geo yang tercipta oleh Elemental Skill Noelle
  • Perisai Geo yang tercipta ketika mengambil kristal Geo yang dijatuhkan oleh Geovishap Hatchling

 

Pendapat Indogamers

Yang menjadi kontroversi Zhongli sebelumnya adalah, latar belakang sang jelmaan Geo Archon sebagai Dewa Perang (selain Dewa Kontrak dan Kekayaan) sehingga banyak Traveler yang berharap Zhongli akan jadi karakter DPS ketika muncul. Namun realita berkehendak lain dan Zhongli sudah terbukti sangat amat payah sebagai DPS, dan hanya maksimal apabila digunakan sebagai support/Burst DPS lewat Planet Befall.

Desain karakter Zhongli yang keren, plus animasi normal dan charged attack-nya yang sangat cool juga membuat para pemain ingin agar miHoYo merombak Zhongli menjadi karakter DPS. Lewat revamp kali ini yang baru akan dirilis pada update 1.3 ini, Indogamers merasa bahwa Zhongli akhirnya bisa digunakan sebagai DPS. Tak hanya itu, ia juga tetap bisa berfungsi sebagai Tank atau support seperti sebelumnya karena bonus DMG terhadap normal/charged attack-nya tetap didapatkan dari total Max HP.

Base Max HP Zhongli tanpa penambahan apapun telah mencapai angka 14.695, yang berarti di setiap normal attack-nya akan mendapat penambahan kurang lebih 200an DMG. Dengan artifak secukupnya, Max HP Zhongli bisa dengan mudah mencapai angka 24.000 yang berarti bonus DMG yang ia dapatkan setiap kali menyerang mencapai kurang lebih 333 DMG. Jika memperhitungkan bonus Physical DMG dari artifak dan senjata yang bisa mencapai lebih dari 80%, maka DMG yang ia hasilkan akan meningkat lebih pesat lagi sehingga menggunakan Zhongli sebagai DPS akan sangat mungkin pada update 1.3 nanti.

Kesimpulan Indogamers, apabila revamp ini benar-benar diimplementasikan, maka Zhongli akan jadi salah satu karakter paling versatile dan terkuat di Genshin Impact. Maka dari itu, rasanya tidak rugi jika kalian yang belum mendapatkan Zhongli untuk segera berusaha mendapatkannya!

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: miHoYo

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI