Deadlock Masih dalam Fase Alpha: Kekhawatiran Terhadap Cheater Mulai Muncul di Komunitas

Deadlock Masih dalam Fase Alpha: Kekhawatiran Terhadap Cheater Mulai Muncul di Komunitas(Sumber: Instant Gaming)

Indogamers.com - Game terbaru Valve, Deadlock, yang saat ini masih berada dalam fase closed alpha, telah menarik perhatian banyak pemain meskipun aksesnya masih terbatas.

Berdasarkan halaman Steam resmi game ini, hanya mereka yang menerima undangan dari playtester yang bisa mencoba permainan ini.

Namun, meskipun jumlah pemain masih relatif kecil, kehadiran cheater sudah mulai menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas.

Baca Juga: Deadlock Resmi Diumumkan Valve sebagai Game Baru yang Segera Datang

Dalam sebuah pesan yang diposting di Discord resmi Deadlock, pengembang game tersebut meminta para pemain untuk melaporkan cheater yang ditemui di dalam game.

Laporan ini nantinya akan ditinjau oleh "grup moderator cheat dari komunitas" sebagai tindakan sementara sembari tim pengembang bekerja untuk mengembangkan sistem anti-cheat yang lebih besar.

Valve memang sudah lama menghadapi masalah cheater di berbagai game kompetitif utamanya, seperti Counter-Strike dan Dota 2.

Baca Juga: Bocoran tentang Deadlock Semakin Marak, Valve Tetap Belum Mau Ngaku

Deadlock sendiri akan menggunakan sistem Valve Anti-Cheat (VAC), yang sudah umum digunakan di game-game Valve lainnya.

Namun, beberapa pemain awal mulai meragukan efektivitas VAC dalam menghadapi cheater di game ini.

Seorang pengguna di subreddit Deadlock mengungkapkan kekhawatirannya,

"Masalah utama adalah cheat yang bekerja di CS2 kemungkinan besar juga akan efektif di Deadlock, setidaknya untuk wallhack dan aimbot." Dia melanjutkan, "Keuntungan bagi Valve adalah kedua game ini akan berbagi mekanisme pertahanan yang sama, tetapi perjuangan melawan cheater akan tetap sulit."

Baca Juga: Valve Dikabarkan Lagi Bikin Game Baru Bernama Deadlock

Pemain lain menambahkan, "Jadi, tidak ada yang akan dibanned? Sama seperti di CS2?" Sementara itu, ada juga yang berharap bahwa Deadlock akan menjadi "andalan baru" Valve sehingga mereka akan lebih serius menangani masalah cheat melalui VAC.

Di luar kekhawatiran tentang cheater, penerimaan dari komunitas yang lebih luas terhadap Deadlock cukup positif.

Dalam streamingnya pada tanggal 25 Agustus, Shroud, salah satu streamer terkenal, menyimpulkan, "Game ini akan dengan mudah, dan saya maksud dengan mudah, mendominasi ketika dirilis."

Hingga saat ini, Valve belum memberikan informasi kapan Deadlock akan keluar dari fase closed alpha atau apakah akan ada fase beta setelah periode tes awal ini.**

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI