Fakta Mengejutkan Virus Trojan Horse yang Mampu Rusak Komputer

Virus trojan horse yang bisa merusak komputer (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Perangkat elektronik seperti komputer menjadi salah satu perangkat yang rawan terhadap serangan dari luar. Salah satunya adalah ancaman dari virus yang dirancang untuk menyusup ke sistem untuk melakukan berbagai hal.

Virus tersebut bisa mencuri data-data penting dari komputer, bahkan bisa merusak komputer sehingga tidak bisa lagi digunakan, baik itu dari prosesornya hingga sistem penyimpanan komputernya.

Dari sekian banyak virus yang bisa menyerang komputer, salah satu virus komputer yang paling menyeramkan dan bisa merusak komputer adalah Trojan Horse.

Baca Juga: Antivirus Kaspersky Dilarang Dijual di Amerika Serikat, Kenapa Nih?

Bagi kamu yang belum tahu apa itu virus Trojan Horse ini, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini mengenai fakta-fakta dari Trojan Horse, virus komputer yang bisa merusak komponen komputer.

Trojan Horse

Dikutip dari crowdstrike, Trojan Horse (Trojan) adalah jenis malware yang menyamar sebagai kode atau perangkat lunak yang sah.

Setelah berada di dalam jaringan, penyerang dapat melakukan tindakan apa pun yang dapat dilakukan oleh pengguna yang sah, seperti mengekspor file, memodifikasi data, menghapus file, atau mengubah konten perangkat.

Trojan dapat dikemas dalam unduhan untuk permainan, alat, aplikasi, atau bahkan patch perangkat lunak. Banyak serangan Trojan juga memanfaatkan taktik rekayasa sosial, serta spoofing dan phising, untuk mendorong tindakan yang diinginkan pada pengguna.

Nama virus ini (Trojan Horse) diambil dari "hadiah" patung kuda yang diberikan oleh Yunani kepada Troya. Patung kuda ini dianggap tidak berbahaya dan diperbolehkan masuk ke dalam benteng Troya. Namun, di dalam patung tersebut berisi tentara Yunani yang bersembunyi dan yang bersiap untuk menyerang.

Tentara Yunani kemudian keluar dari patung kuda ini di saat penduduk Troya sedang tidur. Serangan tidak terduga ini kemudian membuat Troya jatuh dan hancur. Cara kerja virus trojan horse ini mirip dengan serangan yang dilakukan oleh Yunani kepada Troya.

Berbeda dengan virus komputer jenis lainnya, trojan horse akan menyerang komputer secara diam-diam dan bersembunyi sebagai program biasa yang tidak terlihat membahayakan sehingga jarang disadari pengguna komputer.

Pergerakan virus trojan horse juga berbeda dari virus lainnya. trojan horse harus dikendalikan oleh komputer lain yang mengirimkan virus tersebut.

Umumnya virus komputer yang bernama trojan horse ini akan bersembunyi dibalik file dengan format yang bisa dieksekusi pengguna komputer. Contohnya adalah format aplikasi dengan file .exe, sehingga saat file tersebut dijalankan trojan akan bergerak ke sistem komputer.

Virus trojan ini memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari pengaruh virus terhadap komputer. Berapa jenis trojan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Backdoor: Trojan jenis ini mampu mengendalikan komputer yang terinfeksi.

  • Banker: Jenis trojan yang mampu mencuri data-data akun penting seperti informasi kartu kredit.

  • DDoS: Trojan yang mampu menghentikan layanan internet.

  • FakeAV: Jenis ini menyamar sebagai perangkat antivirus yang meminta pembayaran kepada virus yang sebenarnya tidak ada.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI