Review Kao the Kangaroo – Tak Sekadar Hajar-Hajar Senang

INDOGAMERS.ID Tim IDGS sebelumnya telah mencoba versi demo dari Kao the Kangaroo. Petualangan kami memainkan demo stage The Dark Forrest untuk mencari Terrors Lair cukup menyenangkan. Lantas bagaimana dengan versi penuh dari Kao the Kangaroo?

https://www.youtube.com/watch?v=HzCWaLTSxJY

Garis Besar Cerita

Kao the Kangaroo (2022) menceritakan tentang petualangan Kao untuk mencari adiknya (Kaia) dan ayahnya (Koby) yang hilang di Dark World/ The Isle of Eternity. Dengan bantuan kekuatan Eternal Gloves dan Sang Guru, Walt, ia meminta izin pada ibunya (Marlene) untuk menemukan kembali anggota keluarga mereka yang hilang.

Map & Stage

Terdapat 4 map utama dan 19 sub-map untuk dieksplorasi. Setiap map dan sub-map memiliki kriteria jumlah Rune harus dipenuhi untuk bisa memasukinya.

Map Hapalloo Island.

Ada beberapa collectible item yang bisa dikumpulkan tiap map/ sub-map; Rune, Crystal, Scroll/ Kaopedia, huruf K A O, dan gold/ Ducats. Dari pengalaman 8 jam Tim IDGS bermain dan menamatkan Kao the Kangaroo, hanya Rune yang benar-benar wajib dikumpulkan. Sisanya sebagai pelengkap achievement.

Toko asesoris Kao.

Gold/ Ducats berceceran di map berguna untuk membeli nyawa, fragmen hati (health bar), dan asesoris/ kostum. Ada pula fragmen hati, dan nyawa yang bisa dikumpulkan. Perbedaan fragmen hati dari hati biasa adalah fungsinya pada health bar. 4 fragmen hati terkumpul akan menambah 1 health bar. Sedangkan hati hanya bisa menyembuhkan health bar yang ada saja.

Mekanisme Permainan

Kao dikejar Guba.

Meskipun tidak ada yang fresh, Tate Multimedia sebagai pengembang, bisa mengemas gim 3D-platformer ini dengan menyenangkan. Tutorial mekanisme permainan akan dibantu oleh NPC berbentuk kepiting yang membawa papan bertanda seru. Ia akan muncul di tempat-tempat yang membutuhkan penjelasan mekanisme permainan.

NPC pemberi mekanisme permainan.

Secara garis besar sih tidak ada yang rumit menurut kami. Hanya saja di beberapa stage memang dibutukan ketepatan waktu untuk mengeksekusi aksi. Di bagian ketepatan waktu inilah penambah seru permainan yang terlihat sederhana namun tak sesederhana itu ini.

Mekanisme memanjangkan leher yang lucu sekaligus menakutkan.

Eternal Gloves dipakai Kao bisa digunakan untuk menyimpan 3 elemen dalam permainan; Api, Es, dan Angin - slot bisa dilihat di pojok kanan bawah. Namun perlu diingat, slot elemen bisa disimpan hanya 3 saja. Pemain perlu mencari atau recharge elemen dibutuhkan jika telah habis. Unsur elemen ini menurut kami juga hal penambah kesenangan dalam bermain.

Eternal Well Portal.

Pemain bisa melakukan farming Ducats di Eternal Well. Sumur gaib ini bisa ditemukan di beberapa stage. Kamu perlu menyelesaikan stage Eternal Well jika ingin Eternal Well bisa kembali kamu akses melalui map utama dan tanpa perlu menuju ke tempat sumur itu berada.

NPC

NPC musuh di Kaopedia.

Baik NPC musuh dan teman, kami rasa desain karakter diberikan juga menyenangkan. Semua karakter dalam Kao the Kangaroo berdasar dari hewan. Nah, di sinilah fungsi Kaopedia. Lore dari semua karakter bisa pemain lihat di Kaopedia berhasil dikumpulkan.

Boss

Empat bos perlu dilawan di Kao the Kangaroo;

  • The Terror
  • Jayabaya
  • The Oldest One
  • The Eternal Warrior

The Eternal Warrior.

Setiap bos memiliki mekanismenya masing-masing untuk bisa dikalahkan. Untuk The Terror, belum melibatkan unsur kekuatan elemen pada Eternal Gloves. Sedangkan untuk tiga bos lain sudah melibatkan elemen untuk mengalahkan mereka.

Kesimpulan

Apakah Kao the Kangaroo layak dicoba? Menurut Tim IDGS, IYA. gim ini layak untuk dicoba bagi kamu yang ingin menikmati gim 3D-platformer yang menyenangkan dan berbumbu nuansa nostalgia. Kao the Kangaroo sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Mekanisme memunculkan jalan dengan Eternal Crystal.

Gim ini memang dalam permainan kami, selesai dalam 8 jam (Steam) ini dikarenakan beberapa kali kami terhalang oleh bug hingga akhirnya di pembaruan terakhir, gim ini bisa dimainkan lancar hingga tamat. Akan lebih cepat bagi kamu yang ingin bermain mengejar inti-intinya saja. Meskipun bisa diselesaikan cepat untuk tamat, kamu masih bisa mengulangnya untuk mendapatkan 100% completion di semua stage yang ada.

Lantas bagaimana dengan harganya? Versi Steam kami mainkan dibanderol Rp 390.000. Poin regional pricing inilah yang mungkin akan jadi bahan pertimbangan. Jika kamu tertarik memainkanya namun merasa harga mahal, kalian bisa wishlist dahulu sambil menunggu diskon.

Dirilis 27 Mei 2022 lalu, Kao the Kangaroo tersedia untuk PC via Steam dan Epic Games Store, PlayStation 4 dan 5, Xbox One dan Xbox Series X|S, serta Nintendo Switch.


(IDGS/ deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI