5 Aplikasi Wajib Diinstal untuk Mudik Lebaran 2024, Bikin Perjalanan Jadi Lancar

Ilustrasi perjalanan mudik dengan bantuan aplikasi navigasi (FOTO: Freepik.com)

Indogamers.com - Momen mudik Lebaran 2024 kini semakin dekat. Jutaan orang di Indonesia akan melaksanakan agenda rutin tahunan yaitu pulang kampung menggunakan berbagai moda transportasi.

Nah, di era serba digital seperti saat ini yang semakin canggih, aktivitas mudik lebaran pun semakin mudah. Para pemudik kini bisa menginstal berbagai aplikasi yang menunjang mudik agar semakin nyaman, aman, dan mudah.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan untuk pemesanan akomodasi, hingga mendapatkan informasi terkini tentang kondisi lalu lintas. Aplikasi ini juga menjadi teman bagi pemudik selama perjalanan.

Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi yang wajib diinstal untuk menemani mudik Lebaran 2024 ini? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Aplikasi agen perjalanan

Salah satu aplikasi wajib dimiliki oleh para pemudik di Lebaran 2024 ini adalah aplikasi agen perjalanan. Aplikasi ini akan membantu para pemudik untuk memesan tiket transportasi secara online dengan berbagai pilihan paket perjalanan. Pemudik bisa memesan tiket untuk transportasi udara, transportasi air, maupun darat.

Berikut beberapa aplikasi agen perjalanan yang populer dan banyak digunakan selama mudik lebaran tahun sebelumnya antara lain, Traveloka, Agoda, dan Tiket.com.

2. Aplikasi navigasi

Aplikasi wajib selanjutnya yang harus dimiliki para pemudik Lebaran 2024 adalah aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze.

Aplikasi navigasi ini akan membantu para pemudik untuk mendapatkan informasi tentang rute terbaik, perkiraan waktu tempuh, serta kondisi lalu lintas saat mudik yang diperbarui secara up to date.

3. Aplikasi untuk memantau kondisi jalan tol

Bagi para pemudik Lebaran 2024 yang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya roda empat, aplikasi untuk memantau kondisi jalan tol ini menjadi salah satu aplikasi wajib diinstal.

Salah satu aplikasi untuk memantau kondisi jalan tol adalah Travoy yang berfungsi untuk memantau CCTV real-time di berbagai ruas jalan tol di Indonesia.

Aplikasi jenis ini sangat penting dimiliki untuk menghindari kemacetan, selain itu penggunanya juga bisa menemukan informasi tentang lokasi rest area di sepanjang jalan tol.

4. Aplikasi bengkel

Selain tiga aplikasi di atas, aplikasi lainnya yang wajib dimiliki saat mudik Lebaran 2024 adalah aplikasi perbengkelan. Aplikasi ini sangat dibutuhkan para pemudik untuk memberikan informasi tentang lokasi bengkel terdekat di sepanjang perjalanan sehingga memudahkan pemudik untuk menemukan bengkel yang terpercaya dan dapat melakukan perbaikan darurat jika diperlukan.

Beberapa aplikasi perbengkelan yang bisa digunakan antara lain adalah myhalobengkel, Digiroom by Auto2000, dan Honda e-Care.

5. Aplikasi perbankan atau ewallet

Aplikasi terakhir yang wajib dimiliki para pemudik adalah aplikasi perbankan atau eWallet. Selain membawa uang cash, pada saat mudik juga penting untuk selalu siap dalam menyediakan uang nontunai dalam aplikasi mobile banking atau ewallet.

Aplikasi-aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengisi saldo kartu e-money yang digunakan untuk membayar tarif jalan tol.

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi yang wajib dimiliki para para pemudik Lebaran 2024 agar perjalanan mudik semakin lancar.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI