Siapa Putra Sutopo? Yuk Mengenal Sosok Penting di Balik Moncernya eFootball Indonesia

Putra Sutopo. (Sumber: Instagram/@putrasutopo)

Indogamers.com - Nama Putra Sutopo bisa jadi belum banyak dikenal orang. Meski demikian, bagi pelaku esport Indonesia, dirinya bukan orang baru.

Sosok ini punya andil besar di balik kesuksesan Timnas eFootball Indonesia di level internasional.

Siapa sebenarnya Putra Sutopo? Mari kita bahas bersama-sama.

1. Putra Sutopo Pendiri IFeL

Lahir dengan nama lengkap Wiramahesa Putra Sutopo, dia dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO Indonesian Football e-League alias IFeL, kompetisi resmi yang menggelar Liga 1 dan Liga 2 sepakbola virtual tanah air.

IFeL di bawah naungan PSSI dan diawasi langsung oleh Federasi Esports Indonesia (PBeSI) merupakan ekosistem penting bagi perkembangan eFootball Indonesia.

2. Co-Founder Zeus Gaming

Selain jadi pendiri IFeL, Putra Sutopo juga dikenal sebagai Co-Founder dan Presiden Zeus Gaming, entitas yang berperan besar mempopulerkan game Pro Evolution Soccer (PES) di Indonesia.

PES dari Konami tersebut kini berganti nama menjadi eFootball.

Disamping mengurusi IFeL, Putra Sutopo juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Bina Prestasi & Event Olahraga Rekreasi Esports di Indonesia Esports Association (IESPA).

Dari posisi tersebut, dia membentuk jaringan buat memajukan industri e-sports.

Baca Juga: Serba-serbi Sistem Kontrak Atlet Esports di Jogja dan Fasilitas Penunjang yang Belum Ideal

Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (Sumber: Instagram.com/@afcasiancup)

3. Kontribusi Putra Sutopo

Terjun ke dunia e-sports sejak tahun 2016, Putra Sutopo telah menunjukkan dedikasi tinggi untuk mengembangkan komunitas eFootball tanah air.

Melalui IFeL, dia berperan menemukan dan mengembangkan bakat muda, seperti Rizky Faidan dkk, yang baru-baru ini namanya melambung usai jadi juara AFC eAsian Cup 2023.

Baca Juga: Link Download dan Spesifikasi Minimum PC, Android dan iOS untuk Main eFootball 2024

Indogamers akhirnya resmi menghelat Turnamen Mobile Legends Terakbar, Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship (IMC) Season I 2024 “Taste The Difference”
Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI