Blindsight Neuralink, Inovasi Baru Elon Musk Bagi Tunanetra agar Bisa Melihat

Ilustrasi Blindsight teknologi terbaru Elon Musk untuk membuat tunanetra bisa melihat lagi (FOTO: x.com/elonmusk)

Indogamers.com - Elon Musk mengumumkan sebuah terobosan baru agar tunanetra bisa melihat lagi.

Terobosan baru dari Elon Musk ini adalah Blindsight yang dikembangkan oleh Neuralink, perusahaan neuroteknologi milik Elon Musk, yang mengembangkan implan otak berteknologi tinggi.

Blindsight ini merupakan sebuah perangkat implan otak yang dirancang untuk mengembalikan kemampuan melihat pada individu yang telah kehilangan penglihatan.

"Perangkat ini akan memungkinkan bahkan mereka yang telah kehilangan kedua mata dan saraf optik mereka untuk kembali melihat," tulis Musk dalam sebuah unggahan di X Twitter.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Chatbot Grok yang Dikenalkan Elon Musk, Dikhawatirkan untuk Sebar Hoaks?

Blindsight, implan otak eksperimental yang dikembangkan Neuralink yang dirancang untuk mengembalikan fungsi penglihatan, resmi mendapatkan status "perangkat terobosan" dari FDA pada Selasa, 17 September.

Penghargaan ini diberikan kepada teknologi medis yang inovatif dan berpotensi mengubah hidup pasien.

Dilansir dari akun X milik Elon Musk, Implan Blindsight dari Neuralink menjanjikan pengembalian penglihatan bagi individu yang mengalami kebutaan total, termasuk mereka yang telah kehilangan fungsi mata dan saraf optik sejak lahir, asalkan korteks visual mereka masih berfungsi.

Menurut Elon Musk, asalkan korteks visual pasien masih utuh, maka perangkat ini akan memungkinkan mereka yang tunanetra sejak lahir bisa mendapat penglihatan untuk pertama kalinya.

"Untuk menetapkan ekspektasi dengan benar, penglihatan pada awalnya akan beresolusi rendah, seperti grafik Atari. Namun, pada akhirnya berpotensi menjadi lebih baik daripada penglihatan alami dan memungkinkan Anda melihat dalam panjang gelombang inframerah, ultraviolet, atau bahkan radar, seperti Geordi La Forge," tulis Musk.

Baca Juga: Elon Musk Indikasikan Fitur Video dan Voice Call Twitter Alias X Semakin Dekat?

Meski demikian, Neuralink belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai kapan uji coba perangkat Blindsight di manusia akan dimulai. Pihak FDA juga belum memberikan komentar terkait hal ini.

Ada juga kemungkinan jika uji coba ini akan dirahasiakan oleh Neuralink hingga operasi pemasangan implan ini dinyatakan berhasil.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI