Makin Canggih! Ketahui Cara Mudah Menggunakan Google Lens dan Manfaat Pentingnya

Google Lens (FOTO: Google)

Indogamers.com - Google sebagai salah satu perusahaan digital terbesar di dunia, tentu saja memiliki berbagai platform yang berguna untuk menunjang berbagai aktivitas bagi para penggunanya.

Salah satu platform yang dimiliki Google adalah Google Lens yang berguna untuk menelusuri dan mencari tahu sebuah informasi di sekitar menggunakan kamera perangkat para penggunanya.

Google Lens bisa digunakan dengan cara mengambil gambar dengan kamera perangkat para penggunanya atau menahan lama gambar yang pengguna lihat di internet untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Google Lens sendiri, memiliki cukup banyak fungsi yang berguna bagi kehidupan para penggunanya sesuai dengan apa yang pengguna lihat, termasuk kemampuan baru Google Lens untuk mengetahui kondisi kulit.

Untuk menggunakan Google Lens ini, kamu bisa ikut langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Cara menggunakan Google Lens

Untuk menggunakan Google Lens sendiri sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh dan instal aplikasi Google Lens di Google Play Store

  • Buka aplikasi Google Lens

  • Arahkan kamera pada benda atau object yang ingin kamu ketahui informasinya

  • Jepret gambar/foto tersebut

  • Pilih “Telusuri”

  • Kemudian Google Lens akan memunculkan beberapa penelusuran terkait dari berbagai situs

  • Klik salah satu penelusuran yang ingin kamu cari

  • Setelah itu, kamu akan diarahkan di halaman Google

Selain menelusuri jepretan dari benda tertentu, kamu juga bisa menggunakan Google Lens untuk menerjemahkan, atau menggunakan situs belajar.

Manfaat Google Lens

Selain mengetahui cara menggunakannya, kamu juga harus tahu apa saja manfaat dari Google Lens. Google Lens memiliki cukup banyak fungsi yang berguna bagi kehidupan para penggunanya sesuai dengan apa yang pengguna lihat, termasuk kemampuan baru Google Lens untuk mengetahui kondisi kulit. Berikut beberapa fungsi yang dimiliki Google Lens.

1. Pencarian visual

Salah satu fungsi Google Lens yang sangat berguna adalah mampu memberikan informasi bagi para penggunanya hanya dengan gambar objek apapun yang ditangkap oleh pengguna secara visual melalui kamera Google Lens.

2. Mengetahui kondisi kulit

Dengan fitur baru yang hadir pada Google Lens, para pengguna bisa memanfaatkan Google Lens untuk mencari tahu kondisi kulit yang secara visual mirip dengan apa yang pengguna lihat pada kulit pengguna.

Dilansir dari laman Blog Google, penggunaan Googel Lens untuk mencari tahu kondisi kulit cukup dilakukan dengan mengambil gambar atau unggah foto melalui Lens, dan pengguna akan menemukan kecocokan visual untuk membantu pencarian.

Fitur ini juga berfungsi jika pengguna tidak yakin bagaimana mendeskripsikan hal lain di tubuh pengguna, seperti benjolan di bibir, garis di kuku, atau rambut rontok di kepala.

3. Menerjemahkan teks

Google Lens juga memiliki fungsi untuk menerjemahkan teks pada gambar atau dokumen. Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera perangkat yang digunakan pada object seperti teks dengan bahasa asing, dan otomatis Google Lens akan menerjemahkan bahasa asing tersebut ke dalam bahasa yang dimengerti penggunanya.

4. Berbelanja

Selain beberapa fungsi di atas, Google Lens juga sangat berguna untuk membantu para penggunanya berbelanja atau mencari produk tertentu. Para pengguna hanya perlu mengambil gambar barang tersebut dari Google Lens.

Nantinya Lens akan mencoba mengenali produk dan memberikan informasi belanja online terkait.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI