Charge Baterai Baru Selama 8 Jam. Perlukah?

Charge Baterai Baru Selama 8 Jam. Perlukah?

Jika kalian telah membeli ponsel baru, pasti kalian akan mendapatkan instruksi dari penjual yang menyarankan agar kalian mengisi ulang batere ponsel semala 8 jam dalam keadaan mati sebelum digunakan. Jadi benarkah pernyataan dari penjual tersebut? Di sini akan kami ulas pernyataan tersebut. Apakah hanya sekedar sebuah mitos atau fakta.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Asianfanatics (15/2), baterai yang banyak digunakan saat ini adalah jenis lithium ion. Sehingga tidak diperlukan memori seperti yang ada pada baterai ponsel zaman dulu dengan jenis niCad. Baterai jenis Nicad sendiri telah digunakan pada ponsel yang di produksi pada tahun 1995-2000. Baterai Nicad sendiri memang di charge selama 8 jam, hal tersebut agar baterai memiliki daya dan ketahanan yang baik.

Baterai  Li-Ion

Namun untuk saat ini, baterai yang digunakan untuk ponsel ataupun gadget telah berjenis Lithium Ion, sehingga tidak perlu untuk mencharge ponsel baru selama 8 jam lagi. Berikut ini kami informasikan spesifikasi dari baterai Li-Ion yang diambil dari laman  Paseban:

-Baterai Li-Ion dapat menampung 150 Watt pada setiap kilogramnya, dibandingkan NiCad hanya dapat menampung 100 Watt per jam setiap kilogramnya.

-Baterai Li-Ion dapat bertahan sampai 400-600 kali charge atau sama dengan pemakaian 2-3 Tahun. Setelah itu kemampuan pada baterai akan berkurang dengan sendirinya.

-Tidak ada efek terhadap memori yang membuat Batere Li-Ion ini dapat di charge kapan saja tanpa menunggu baterai kosong.

Jadi kesimpulannya adalah kabar yang menyebutkan jika ponsel harus di charge selama 8 jam dalam kondisi mati adalah sebuah mitos belaka. Untuk informasi tambahan, berikut ini adalah beberapa tips agar baterai Li-Ion pada ponsel atauopun gadget anda dapat tahan dan beroprasi secara maksimal yang diambil dari laman paseban:

-Lakukan charging baterai seminimal mungkin dikarenakan umur pada baterai ini hanya dapat bertahan selama 2 sampai 3 tahun. Jika baterai sering melakukan pengisian ulang dengan tidak teratur, maka tidak menutup kemungkinan akan memperpendek umur baterai dari yang seharusnya.

-Jika baterai jarang dipakai lakukan pengisian cukup sampai 40-50% saja.

-Jangan menyimpan baterai pada suhu yang ekstrim.

-Hindari benturan keras pada baterai.

-Matikan perangkat anda terlebih dahulu jika ingin melepas baterai yang terdapat pada perangkat anda.

-Hindari menyimpan baterai di bawah sinar matahari secara langsung.

-Jauhkan baterai dan benda-benda metal, karena jika terjadi kontak pada bagian konektor maka akan menimbulkan sebuah arus pendek.

Semoga informasi yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI