Miliaran Perangkat Android Jadi Mudah di Hack Karena Bug Ini!

Miliaran Perangkat Android Jadi Mudah di Hack Karena Bug Ini!

Siapa yang menyangka jika sistem operasi Android yang sudah diperkenalkan sejak bertahun-tahun silam masih memiliki bug yang sangat berbahaya. Bug tersebut bahkan sering dimanfaatkan oleh para hacker untuk meretas data-data pribadi yang terdapat pada smartphone korbannya.

Bug ini ditemukan oleh salah satu pakar keamanan internet yakni Lookout Security. Menurut data yang ia peroleh, saat ini ada miliaran smartphone yang dapat dengan mudah diretas oleh hacker karena bug ini. Selain itu, data tersebut juga mengungkapkan jika Bug ini sudah menjangkit 80 persen perangkat Android di seluruh dunia.

Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Techworm (18/8/2016), Bug yang ditemukan oleh Lookout Security tersebut bernama Linux TCP. Bug ini biasanya terdapat di sistem operasi Android versi terkini yakni 4.4 KitKat. Linux TCP kabarnya mampu mengambil berbagai data rahasia bahkan menyadap percakapan korbannya.

Saat ini pihak Lookout Security mengaku telah menghubungi Google untuk menyelesaikan permasalahan ini. Lookout Security meminta Google untuk melakukan update di sistem operasinya agar celah ini tidak dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Sebelum berita ini bergulir, para pengguna Android juga sempat dikejutkan dengan temuan virus bernama Quadrooter. Virus ini mampu menginfeksi semua perangkat Android yang menggunakan chipset Qualcomm. Sams seperti bug yang ditemukan oleh Lookout Security, Quadrooter mampu membuka akses penuh smartphone korbannya. Jadi hacker dapat dengan mudah mengakses data, kamera bahkan mikrofon smartphone korbannya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI