Pengarang The Witcher Tak Dapatkan Uang Royalti

Pengarang The Witcher Tak Dapatkan Uang Royalti

Tak dapat disanggah lagi bahwa judul game The Witcher adalah salah satu judul game paling laris di dunia. Terlebih lagi judul game The Witcher 3: Wild Hunt yang dirilis pada tahun 2015 yang lalu. Namun tahukah gamer semua di sini, bahwa ternyata pengarang dari cerita The Witcher ini tidak mendapatkan royalti sepeser pun dari setiap penjualan judul game yang terjual di pasaran?

 

 

Sedikit informasi mengenai pengarang cerita dari The Witcher, game ini sendiri diangkat dari novel yang memiliki judul serupa yang ditulis oleh seorang novelis asal Polandia yang bernama Andrzej Sapkowski. Novel ini pertama kali dirilis pada tahun 1986. Mengambil tema fantasi, novel ini beberapa kali diadaptasi ke serial TV, film, hingga ke video game.

Lalu mengapa Sapkowski tidak mendapatkan royalti dari setiap penjualan game tersebut? Seperti yang dilansir dari laman Gamespot, (27/3/2017), ternyata ini bukan karena perlakuan sang developer CD Projekt Red yang curang, tetapi justru karena pilihannya sendiri.

 

 

Dahulu sang pengembang game tersebut sempat menawarkan sistem penjualan royalti untuk game ini. Sapkowski ditawari beberapa persen dari penjualan setiap judul game tersebut. Hanya saja, ia menolak untuk sistem penjualan royalti tersebut dan lebih memilih pembayaran uang di depan saja.

Sekarang apa yang dialami oleh Sapkowski ini hanyalah menjadi sebuah penyesalan saja. Ia mengakui bahwa dirinya begitu bodoh saat itu untuk menolak dan mempercayai perkataan dari pengembang game dan mendapatkan setiap royalti dari penjualan game tersebut. Ia tidak menyangka bahwa judul game ini akan laku keras seperti ini.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI