Kamu Perlu Tahu Cara Mengatasi Sync Issue dan Dampaknya pada Google Drive

Ilustrasi pengguna penyimpanan awan Google Drive (FOTO: Pixabay)

Indogamers.com - Baru-baru ini, sejumlah penggunaan layanan penyimpanan awan (cloud storage) dari Google Drive, mengeluhkan jika data yang disimpan di Google Drive ini mendadak hilang.

Bahkan, mesin pencari raksasa tersebut mengakuinya jika memang ada masalah di Google Drive dan sedang menyelidikinya. Hal tersebut disampaikan melalui keterangannya di Google Support.

Berdasarkan keterangan tersebut, diketahui jika akar masalahnya disebut “Sync Issue” (masalah sinkronisasi) di aplikasi Google Drive versi desktop versi 84.0.0.0 - 84.0.4.0 yang baru digulirkan.

Baca Juga: Google Didemo dan Dituntut Warga Rp. 12 Triliun!

Selama Google melakukan penyelidikan dan mencari solusi, anggota tim Google Drive bernama Saiteje Google Support memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar pengguna aman dari masalah Sync Issue yang membuat file Google Drive terhapus.

Seperti apa tips yang diberikan oleh Saiteje Google Support agar data di Google Drive tidak mendadak hilang? Simak cara selengkapnya di bawah ini.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak mengklik opsi “Putuskan akun” (Disconnect account) di Google Drive Desktop.

Selanjutnya, jangan menghapus ataupun memindahkan folder data aplikasi di komputer ataupun laptop WIndows/macOS. Windows: %USERPROFILE%\AppData\Local\Google\DriveFS macOS: ~/Library/Application Support/Google/DriveFS

Cara ketiga yang diberikan karyawan Google adalah menyarankan agar pengguna membuat salinan folder untuk data/file Google Drive di hard drive.

Masalah data hilang di Google Drive ini pertama kali dilaporkan di forum Google Support oleh pengguna bernama Yeonjoong.

Ia mengatakan bahwa Drive miliknya tiba-tiba hanya menampilkan data yang disimpan hingga Mei 2023 saja. File atau folder yang dibuat setelahnya tidak tampak. Mulanya, ia mengira datanya masuk ke menu "Trash", tempat menyimpan seluruh file yang dihapus sebelum hilang secara permanen. Namun, saat diakses, menu Trash tidak menampilkan file yang hilang tadi.

“Tidak ada file yang dihapus secara manual, jadi tidak ada file di Trash. Saya tidak pernah mensinkronisasikan ataupun membagikan file dan Drive saya kepada siapapun, saya menggunakan Drive secara lokal,” ungkapnya.

Baca Juga: Google Dikecam Oleh 6 Negara Dunia?

Jadi, pada intinya masalah Sync Issue yang dialami pada penyimpanan awan Google Drive ini dapat mengakibatkan file-file yang tersimpan di dalam Google Drive ini terhapus tiba-tiba.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI