Menkominfo Yakin Starlink Bisa Jadi Solusi Masalah Internet Lemot

Kominfo. (Sumber: kominfo)

Indogamers.com - Elon Musk pada akhirnya jualan layanan internet Starlink di Indonesia. Hadirnya bisnis salah satu orang terkaya di Tanah Air disambut baik oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Melalui Menteri Budi Arie Setiadi, Starlink diyakini bisa menjadi alternatif solusi penyediaan akses internet terutama di daerah terpencil. Sebab selama ini, kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, dengan lebih dari 17.500 pulau dan pegunungan menjadi tantangan tersendiri.

“Selaras dengan prioritas Kominfo dalam mendukung transformasi digital di Indonesia melalui pemerataan jangkauan dan peningkatan kualitas layanan. Hal itu dimungkinkan oleh teknologi Low Earth Orbit (LEO) yang dimiliki oleh Starlink sehingga dapat menjangkau wilayah yang selama ini belum terjangkau layanan internet,” kata Budi Arie dikutip Indogamers.com pada Kamis, 30 Mei 2024.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hotspot iPhone Tidak Bisa Tersambung

PT Starlink Indonesia, tambahnya, tetap diwajibkan untuk menaati regulasi yang ada serta persaingan usaha yang sehat. Menkominfo menjelaskan, regulasi yang ada sudah mengamanatkan skema kerja sama dengan operator lokal yang mencakup introperabilitas layanan, akses kerja sama jaringan, penelitian, pengembangan teknologi, dan pengembangan kapasitas lokal.

“Jadi kehadiran Starlink justru dapat menjadi mitra bagi operator lokal untuk melakukan kerja sama dengan mekanisme B to B. Selain itu, Starlink Indonesia juga beroperasi dengan menggunakan IP Indonesia sehingga tetap memiliki kontrol atas penyelenggaraan Starlink di Indonesia,” tambahnya.

Tantangan selanjutnya atas kerja sama pemerintah dengan Starlink adalah kekhawatiran para pebisnis penyedia layanan internet di Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Memeriksa Keaslian Kartu Pokemon

Budi Arie menegaskan, akan melakukan komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan sektor telekomunikasi.

"Kita berharap nanti kita akan berkoordinasi terus dan berdiskusi dengan banyak ekosistem pemangku kepentingan agar kita bisa memberikan regulasi yang fair dan juga bisa mendukung pertumbuhan serta kemajuan transformasi digital di Indonesia," tandasnya.

Dengan begitu, hadirnya Starlink di Indonesia tidak perlu dikhawatirkan bisa menyaingi penyedia layanan internet lainnya. Akan tetapi pemerintah menilai, Starlink bisa menguntungkan banyak pihak mulai dari masyarakat umum hingga pastinya para gamers.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI